HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DENGAN METODE SCRAMBLE PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 MOJOSARI KELAS X SEMESTER 2

  • PRYZCA NURMAYA PUTRI INDARTO

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang terdapat dalam bahasa Jerman. Namun dalam keterampilan membaca membutuhkan banyak kosakata yang harus dikuasai. Dengan demikian perlu adanya metode pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam keterampilan membaca. Salah satunya adalah metode Scramble. Hal tersebut didukung dengan adanya keunggulan dari metode Scramble yaitu membuat peserta didik menjadi aktif, sehingga peserta didik lebih mudah dalam menguasai dan menghafal kosakata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman dengan metode Scramble peserta didik SMA Negeri 1 Mojosari kelas X semester 2. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman dengan metode Scramble di SMA Negeri 1 Mojosari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mojosari. Sedangkan data yang digunakan pada penelitian ini didapat dari hasil tes keterampilan membaca bahasa Jerman yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung 8,012 > ttabel 2,034 dengan taraf signifikansi α = 0,05.Ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dalam keterampilan membaca, nilai rata-rata Post Test 86,76 lebih besar dari Pre Test 63,24. Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar setelah digunakan metode Scramble dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik SMA Negeri 1 Mojosari kelas X semester 2.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Membaca, Metode Scramble

Published
2020-05-05
How to Cite
NURMAYA PUTRI INDARTO, P. (2020). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DENGAN METODE SCRAMBLE PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 MOJOSARI KELAS X SEMESTER 2. LATERNE, 9(1). https://doi.org/10.26740/lat.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 278