PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRIAN

  • IKA AGSAENANDA

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan wawancara dengan guru SMAN 1 Krian, siswa mengalami kesulitan belajar dalam keterampilan membaca. Kesulitan belajar yang dimaksud berupa rendahnya minat membaca para siswa. Masalah tersebut berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi khususnya pada materi sich vorstellen dan andere vorstellen. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang tepat untuk membantu peserta didik dalam keterampilan membaca bahasa Jerman. Media pembelajaran yang akan dikembangkan ialah media komik strip, yaitu media komik yang terdiri dari 2-6 panel. Media komik strip ini memiliki 6 panel yang setiap panelnya menggunakan dialog bahasa Jerman sehari-hari dan memiliki tema sesuai dengan materi yang dipelajari oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah komik strip layak dijadikan media pembelajaran untuk keterampilan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian, sedangkan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan media komik strip sebagai media pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut gagasan Sadiman yang hanya sampai pada tahap validasi untuk mengetahui kelayakan media komik strip. Sumber data dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket validasi yang di isi oleh validator media dan dua validator materi. Pada angket tersebut menggunakan skala linkert dengan skor 1,2,3, dan 4 yang kemudia diubah kedalam bentuk prosentase dengan menggunakan rumus kuantitatif. Untuk mengetahui kelayakan media komik strip dalam dilihat dari hasil nilai prosentase tersebut. Hasil prosentasi tersebut di kategorikan sesuai dengan keriteria dari skala linkert yaitu, 0%-20% (sangat lemah), 21%-40% (lemah), 41%- 60% (cukup), 61%-80% (kuat), dan 81%-100% (sangat kuat). Media komik strip untuk pembelajaran Bahasa Jerman pada siswa kelas X-Bahasa SMA Negeri 1 Krian dapat dikatakan layak apabila hasil presentase menunjukkan lebih dari 61% dengan kriteria kuat sampai sangat kuat.

Kata Kunci: Media Komik Strip, Pengembangan, Keterampilan Membaca, Bahasa Jerman

Published
2020-05-05
How to Cite
AGSAENANDA, I. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRIAN. LATERNE, 9(1). https://doi.org/10.26740/lat.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 64