ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL (UAS) BAHASA JERMAN KELAS X SMAN 12 SURABAYA

  • ELSA WANDIRA MAULIDATIRRAHMA

Abstract

ABSTRAK

Untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diberikan selama 1 semester , maka di akhir semester pendidik akan memberikan sebuah tes kepada peserta didik yang kemudian dari hasil tersebut dapat memberikan sebuah gambaran terhadap pendidik seberapa jauh keberhasilan capaian tujuan pembelajaran. Sebuah tes dapat dikatakan baik atau layak apabila tes tersebut dapat dipertanggung jawabkan kesahihan, ketafsiran, kelayakan, kebergunaan, keterpercayaan, maupun efektivitas butir soal yang meliputi tingkat kesulitan dan daya beda yang baik, karena tidak semua butir soal dapat sesuai dengan kriteria tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kesulitan butir soal, daya beda dan efektivitas distraktor jawaban dari soal Ujian Akhir Semester Ganjil (UAS) bahasa Jerman kelas X SMAN 12 Surabaya TP 2019/2020. Penelitian yang saya lakukan di SMAN 12 Surabaya ini merupakan penelitian kuantitatif dengan cara menganalisis tingkat kesulitan, daya beda dan efektivitas distraktor dengan menggunakan rumus IF (Indeks Facility) dan ID (Indeks Discrimination). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa dari 50 butir soal pilihan ganda Ujian Akhir Semester Ganjil bahasa jerman kelas X SMAN 12 Surabaya terdapat 21 butir soal telah memenuhi syarat ITK, dan 13 butir soal telah memenuhi syarat IDB. Dan hasil akhir dari perhitungan indeks tingkat kesulitan dan indeks daya beda diketahui hanya 12 butir soal yang dapat dinyatakan layak. Dari hasil analasis tingkat kesulitan butir soal, telah terbagi 3 golongan soal yaitu mudah ,sedang dan sulit. Dari UAS ini diketahui 3 soal tergolong sulit, 7 soal tergolong sedang dan 40 soal tergolong mudah. Namun dari 40 soal tergolong mudah ini telah di analisis bahwa 29 soal tergolong terlalu mudah sehingga dinyatakan tidak berfungsi. Untuk hasil analisis Indeks Daya Beda telah diketahui terdapat 37 butir soal yang tidak layak dan diketahui juga dari soal tidak layak tersebut terdapat 13 butir soal yang indeks daya beda yang minus yaitu kelompok rendah lebih banyak menjawab benar daripada kelompok tinggi sehingga 13 soal tersebut tidak bisa di revisi dan diharapkan untuk dibuang dan diganti soal yang layak. Untuk sisa soal yang dinyatakan tidak layak dapat diperbaiki atau di revisi. Hasil Analisis Distraktor dari 250 opsi jawaban dan pengecoh, menunjukkan 133 opsi jawaban yang berfungsi baik, dan 117 tidak berfungsi baik.

Kata kunci : analisis butir soal, tingkat kesulitan, daya beda dan distraktor.

Published
2020-05-05
How to Cite
WANDIRA MAULIDATIRRAHMA, E. (2020). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL (UAS) BAHASA JERMAN KELAS X SMAN 12 SURABAYA. LATERNE, 9(1). https://doi.org/10.26740/lat.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 203