HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 12 DENGAN MEDIA KIPAS KATA

  • DIAN ANDRIANTO

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 12 Surabaya, diperoleh beberapa informasi yang berkaitan dengan keterampilan berbicara yang didapatkan peserta didik. Ada beberapa faktor, yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam keterampilan berbicara yaitu keterbatasan penguasaan kosakata yang dimiliki peserta didik serta rasa kurang percaya diri untuk melafalkan kata-kata yang tepat. Tidak hanya itu, mayoritas peserta didik ketika menuangkan ide melalui lisan tidak terfokus pada tema sehingga isi ide yang dituangkan melebar dan tidak jelas. Hal ini menyebabkan hasil belajar berbicara tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Berdasarkan kesulitan tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar dengan penggunaan media pembelajaran kipas kata. Batasan masalah penelitian ini adalah pada hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 12 Surabaya dengan media kipas kata dengan tema Familie yakni menceritakan keluarga secara lisan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa tes berbicara. Penelitian dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama tidak menggunakan media sedangkan pada pertemuan kedua menggunakan media.. Data penelitin ini adalah hasil tes berbicara dari pertemuan pertama dan kedua. Populasinya sejumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada peningkatan untuk hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman melalui media pembelajaran kipas kata. Hal ini bisa dilihat dari nilai pertemuan pertama dan kedua, pada pertemuan pertama peserta didik terlihat masih kebingungan dalam mengungkapkan kata yang ingin diucapkan sedangkan pada pertemuan kedua peserta didik terlihat percaya diri dan mereka juga terlihat lebih tenang dalam menuturkan tiap kata yang diucapkan. Kata kunci yang terdapat pada media kipas sangat membantu mereka dalam membuat dialog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan pada pertemuan kedua. Oleh karena itu, media kipas kata ini cocok dijadikan media pembelajaran yang tepat dan dapat dijadikan referensi oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara peserta didik.
Published
2020-05-11
How to Cite
ANDRIANTO, D. (2020). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 12 DENGAN MEDIA KIPAS KATA. LATERNE, 9(1). https://doi.org/10.26740/lat.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 29