Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Model TTW (Think Talk Write) Kelas XI Bahasa Jerman di SMAN 1 Krian

  • MAULIDIYAH ANISATUL HAMIDAH

Abstract

Keterampilan menulis adalah kemampuan menuangkan buah pikiran ke dalam bahasa tulis melalui kalimat-kalimat yang dirangkai secara utuh, lengkap dan jelas sehingga buah pikiran tersebut dapat dikomunikasikan kepada pembaca dengan berhasil. Tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan menulis dengan baik. Salah satu faktornya adalah adanya rasa takut untuk memulai sebuah tulisan, malu dan takut membuat kesalahan dalam memulai tulisan dengan topik tertentu. Oleh karena itu diperlukan adanya model untuk mengatasi masalah tersebut. Think Talk Write (TTW) adalah salah satu model yang cukup sesuai untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yang mana peserta didik diharapkan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasinya terutama melalui tulisan. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar keterampilan menulis karangan sederhana bahasa jerman dengan menggunakan modelThink Talk Write (TTW)kelas XI Bahasa jerman di SMAN 1 Krian. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui hasil belajar keterampilan menulis karangan sederhana dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) kelas XI Bahasa jerman di SMAN 1 Krian dengan subtema Essen und Trinken. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-Bahasa SMAN 1 Krian. Sedangkan data dari penelitian ini berupa data pelaksanaan hasil tes menulis karangan sederhana dengan model TTW (Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Aspek yang dinilai adalah isi karangan, struktur kalimat, kosa kata dan penulisan kata. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang hasil pengukurannya banyak dituntut menggunakan angka. Dalam penelitian ini menggunakan niali rata-rata hasil belajar pre test dan pos test yaitu 65,77 dan 74,31. Maka dapat disimpulkan bahwa model TTW dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam keterampilan menulis dan juga dapat mengatasi kesulitan pembelajaran keterampilan menulisKata Kunci: Hasil belajar, Think Talk Write (TTW), keterampilan menulis
Published
2020-06-03
How to Cite
ANISATUL HAMIDAH, M. (2020). Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Model TTW (Think Talk Write) Kelas XI Bahasa Jerman di SMAN 1 Krian. LATERNE, 9(1). https://doi.org/10.26740/lat.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 13