DIE ENTWICKLUNG DES DEUTSCHES SCHÜLERARBEITSBUCHES ALS DAS LEHWERK DER ERGÄNZUNG FÜR SCHÜLER KLASSE X SMA/MA ESRTE SEMESTER

  • FITRI INDAWATI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah LKS bahasa Jerman dengan implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan karena siswa tidak memiliki LKS yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Sehingga ketika akan mengajar guru harus memilah materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kelayakan LKS bahasa Jerman yang dikembangkan, dengan siswa kelas X SMA ditinjau dari kriteria validitas konstruksi, validitas isi dan validitas keterbacaan siswa?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan ditinjau dari kriteria validitas konstruksi, validitas isi dan validitas keterbacaan siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif dengan  menggunakan teori pengembangan LKS yang dikemukakan oleh Prastowo. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen dan 2 guru bahasa Jerman SMA.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah layak digunakan. Ditinjau dari kriteria validitas konstruksi sebesar 86,17% dan validitas isi sebesar 80,75%. Sehingga diperoleh hasil akhir validasi adalah 82,78% yang berarti sangat layak digunakan dalam pembelajaran oleh siswa SMA/MA kelas X.

Kata kunci : Pengembangan, LKS, Bahan ajar, Kelas X SMA.

 

Abstract

The aim of this research is to produce the student work sheet.The researcher does the observation because the student of senior highschool do not have any student work sheet which appropriate with the newest curriculum (kurikulum 2013). Therefore teacher should sort the material which appropriate with the basic competence twice. The research question of this study is how appropriate the student work sheet, which is developed by the researcher, refers to the appropriate criteria construction and appropriate content.

                Researcher uses approach the qualitative as the research method by using Prastowo’s Theory in developing the student work sheet. 2 lectures and 2 teachers evaluate the student sheet.

                The result of this research shows that the development of the student work sheet is appropriate to be used in learning process in studying germany for tenth grader for senior high school. Reviewed in the amount of criteria construction 86,17%, in the amount of appropriate content 80,75%.

Keywoard : development,student work sheet,teaching material, class X SMA

Published
2014-09-16
How to Cite
INDAWATI, F. (2014). DIE ENTWICKLUNG DES DEUTSCHES SCHÜLERARBEITSBUCHES ALS DAS LEHWERK DER ERGÄNZUNG FÜR SCHÜLER KLASSE X SMA/MA ESRTE SEMESTER. LATERNE, 3(3). https://doi.org/10.26740/lat.v3n3.p%p
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 18