DIE ENTWICKLUNG DES SCHÜLERARBEITSBLATTS ALS LEHWERK DER ERGÄNZUNG DER DEUTSCHE SPRACHE KLASSE X SMA SCHULJAHR 2013/2014

  • FITRI KASANTI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah LKS bahasa Jerman dengan implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan karena siswa tidak memiliki LKS yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Sehingga ketika akan mengajar guru harus memilah materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kelayakan LKS bahasa Jerman yang dikembangkan, dengan siswa kelas X SMA ditinjau dari kriteria validitas konstruksi, validitas isi dan validitas keterbacaan siswa?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan ditinjau dari kriteria validitas konstruksi, validitas isi dan validitas keterbacaan siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif dengan  menggunakan teori pengembangan LKS yang dikemukakan oleh Prastowo. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen dan 2 guru bahasa Jerman SMA dan diujicobakan kepada 12 siswa SMA Negeri 11 Surabaya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah layak digunakan. Ditinjau dari kriteria validitas konstruksi sebesar 80%, validitas isi sebesar 78.68% dan validitas keterbacaan siswa sebesar 98.88%.

Kata kunci: Pengembangan, LKS, Bahan ajar, Kelas X SMA.

Abstract

The aim of this research is to produce the student work sheet.The researcher does the observation because the student of senior highschool do not have any student work sheet which appropriate with the newest curriculum (kurikulum 2013). Therefore teacher should sort the material which appropriate with the basic competence twice. The research question of this study is how appropriate the student work sheet, which is developed by the researcher, for tenth grader student in senior highschool refers to the appropriate criteria construction, appropriate content, and appropriate student literacy.

                Researcher uses approach the qualitative as the research method by using Prastowo’s Theory in developing the student work sheet. 2 lectures and two teachers evaluate the student sheet, then they test it to the 12 students of tenth grader in senior high school 11 Surabaya.

                The result of this research shows that the development of the student work sheet is appropriate to be used in learning process in studying germany for tenth grader for senior high school. Reviewed in the amount of criteria construction 80%, in the amount of appropriate content 78.68% and in the amount of appropriate student literacy 98.88%.

Keywoard:development,student work sheet,teaching material, class X SMA.

Published
2014-09-16
How to Cite
KASANTI, F. (2014). DIE ENTWICKLUNG DES SCHÜLERARBEITSBLATTS ALS LEHWERK DER ERGÄNZUNG DER DEUTSCHE SPRACHE KLASSE X SMA SCHULJAHR 2013/2014. LATERNE, 3(3). https://doi.org/10.26740/lat.v3n3.p%p
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 27