ENTWICKLUNG DES LERNMEDIUMS LOGICO PICCOLO UM DIE DEUTSCHEN WORTSCHĀTZEN IN DER SPRACHKLASSE XI MAN BANGKALAN ZU BEHERRSCHEN

  • FITRIA HANDAYANI

Abstract

Abstrak                                                                                               

Logico Piccolo adalah media baru yang dapat memudahkan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Jerman. Penelitian ini memperoleh data, bahwa 67% siswa mengalami kesulitan menghafal dan memahami kosakata bahasa Jerman, oleh karena itu siswa membutuhkan media pendukung untuk membantunya menguasai kosakata bahasa Jerman. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses pengembangan Logico Piccolo sebagai media untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman di kelas XI Bahasa MAN Bangkalan?”, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan Logico Piccolo sebagai media untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman di kelas XI Bahasa MAN Bangkalan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut teori Sadiman. Terdapat 6 tahapan dalam penelitian ini, yaitu: (1) identifikasi kebutuhan siswa, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) Perumusan alat ukur keberhasilan, (5) penulisan naskah media, (6) Tes/ Uji Coba dan Revisi. Media divalidasi oleh 2 orang  ahli media dan 2 orang ahli materi.

Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Validasi ahli media sebesar 91,20% dengan kriteria penilaian “sangat kuat”, dan (2) Validasi ahli materi sebesar 91,66% dengan kriteria penilaian “sangat kuat”, (3) sedangkan respon siswa sebesar 87,77% dengan kriteria penilaian “sangat kuat”.

Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Logico Piccolo yang dikembangkan dapat digunakan untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman di kelas XI MAN.

Kata kunci: Media, Logico Piccolo, Keterampilan Membaca.

 

Abstract

Logico Piccolo is new media that can make student easy to mastery vocabulary in german language . Based on the inquiry of students’ need, the students have difficulty on memories and understand vocabulary in german language and need supported media to help them mastery vocabulary in german language. The statement of problem in this research is “how the process of development Logico Piccolo as media to mastery vocabulary in german language at XI grade in language department MAN Bangkalan?”. And as the objective of the research is to describe the process of logico piccolo development.

This research is development research model according to Sadiman. Development of Logico Piccolo through 6 steps, there are : (1) identication of students’ need, (2) the formulation of the objective, (3) the formulation of material item, (4) the formulation of the success measurement tool, (5) the written of Manuscript media, (6) tes and revision of media validation by 2 media experts and 2 materia experts.

Development product get the data as following : (1). Validation result of media expert 91,20% with value criteria is “very strong”, and (2). Validation result of material experts 91,66% with value “very strong”. And student responses 87,77% is “very strong”.

Based on the result above, can be concluded that the develop of Logico Piccolo media can be use for vocabulary mastery of german language at XI Grade of language department MAN Bangkalan.

Keyword : Media, Logico Piccolo, reading skills.

Published
2014-09-16
How to Cite
HANDAYANI, F. (2014). ENTWICKLUNG DES LERNMEDIUMS LOGICO PICCOLO UM DIE DEUTSCHEN WORTSCHĀTZEN IN DER SPRACHKLASSE XI MAN BANGKALAN ZU BEHERRSCHEN. LATERNE, 3(3). https://doi.org/10.26740/lat.v3n3.p%p
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 48