MetodeTipe Reading Aloud Untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

  • ROSSYTA SHOVIANA

Abstract

Abstrak 

SelainBahasaInggrisBahasaJermandiajarkansebagaibahasaasingtambahanhampirdiseluruhsekolahtingkatmenengahatas (SMA) ataupun SMK.SMA Negeri 1 Taman adalahsalahsatu SMA di Sidoarjo yang memberikanpelajaranBahasaJermansejakkelas XI IPA.Banyaksiswa yang berpendapatbahwaBahasaJermanadalahpelajaran yang sangatsulit, terutamadalamhalmembaca.Hal initerjadikarena guru tidakmenggunakanmetode yang menarikbagisiswadalampembelajaranmembaca.Olehkarenaitu, penelitimencobamenerapkanMetodeTipeReading Aloud sebagaialternatifmetodepengajaranBahasaJermanuntukketerampilanmembaca.Metodeinimemungkinkansiswalebihbaikdalammemahamiketerampilanmembaca.MetodeReading Aloud inidapatmembantusiswauntukmenyampaikanpesanmelaluitulisanataubahkanlisansebagaiaktifitasuntukmenyampaikangagasan.

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanhasilbelajarsiswakelas XI IPA 1 SMAN 1 Taman menggunakanMetodeTipeReading Aloud.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif yang mendeskripsikanhasilbelajarsiswamenggunakanMetodeTipeReading Aloud yang telahdisesuaikandengankompetensidasarpembelajaranmembacabahasajerman.Pengumpulan datadiperolehdarilatihansoal-soalmembacayang diberikanpadaempat kali pertemuansebagaipengukurkeberhasilan prosesbelajar. PadapertemuanpertamabelumditerapkanMetodeTipeReading Aloud.Metodeinibaruditerapkanpadapertemuankeduasampaikeempat.Materi yang diberikanpenelitiyaitumateritentangSchule yang sesuaidengankompetensidasar SMA kelas XI semester II.

Hasilpembelajaranpertemuanpertamamenunjukkanbahwabelumadasiswa yang memenuhi KKM (KriteriaKetuntasan Minimal) dengan rata-rata kelas 50,389 yang dikategorikanrendah.Padapertemuankeduahasilbelajarsiswamengalamisedikitpeningkatandengannilai rata-rata kelasmenjadi 55,194.Begitupunpadapertemuanketiga, dimana rata-rata kelasmeningkatmenjadi 68,972 danpadapertemuanterakhirhampirseluruhsiswamendapatkannilaisempurnaatau 100 dan rata-rata kelasmeningkatmenjadi80.667.

Berdasarkanhasilanalisisdanpembahasandapatdisimpulkanbahwametodeinidapat di usulkansebagaisalahsatualternatifmetodepengajaranbahasajermanuntukketerampilanmembaca.Karenametodeinidapatmenarikminatsiswadanmemotivasisiswauntukmembacadibuktikandenganadanyapeningkatannilai rata-rata kelas.

 

Kata kunci :Metodetipe reading aloud, keterampilanmembaca

Published
2014-09-17
How to Cite
SHOVIANA, R. (2014). MetodeTipe Reading Aloud Untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. LATERNE, 3(3). https://doi.org/10.26740/lat.v3n3.p%p
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 28