PENERAPAN METODE QUANTUM WRITING UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 KEDIRI

  • NOVI MUJAYANTI

Abstract

Abstrak

 

Menulis merupakan salah satu bentuk berpikir, yang juga merupakan alat untuk membuat orang lain (pembaca) berpikir. Dengan menulis seorang siswa mampu mengkonstruk berbagai ilmu atau pengetahuan yang dimiliki dalam sebuah tulisan, baik dalam bentuk esai, artikel, laporan ilmiah, cerpen puisi dan sebagainya, Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah belajar peserta didik adalah dengan menggunakan metode Quantum Writing dalam pembelajaran menulis paragraf. Untuk itu penelitian ini mencoba menerapkan metode Quantum Writing dalam pembelajaran bahasa jerman untuk keterampilan menulis paragraf sederhana pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kediri.

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaiamana penerapan Quantum writing dalam keterampilan menulis paragraf sederhana bahasa jerman siswa kelas XI ?

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Quantum Writing dalam keterampilan menulis paragraf bahasa jerman siswa kelas XI.

 

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dan juga menggunakan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan kajian teori yang berhubungan dengan metode quantum Writing untuk keterampilan menulis paragraf sederhana dari berbagai sumber baik berupa buku-buku yang berhubungan dengan metode Quantum Writing maupun situs-situs internet yang mendukung. Instrumen penelitian ini adalah tes dan juga RPP sebagai instrumen pendukung.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah  penerapan metode Quantum Writing untuk keterampilan menulis paragraf sederhana siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kediri sangatlah cocok digunakan sebagai model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran bahasa jerman khususnya untuk keterampilan menulis paragraf sederhana.

 

Kata kunci : menulis paragraf , kererampilan menulis.Quantum Writing.

 

Abstract

Writing is a form of thinking, which is also a tool to make others (readers) think. By writing a student is able to construct a variety of science or knowledge in a post, either in the form of essays, articles, scientific reports, poetry and short stories etc. One way that can be done to solve the problem of learners is to use the method in Quantum Writing learning to write paragraphs. For this study tried to apply the methods of Quantum Writing in German language learning to a simple paragraph writing skills in class XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kediri.

 

The problems of this research are: How is the application of Quantum writing skills to write a simple paragraph in German language students of class XI?

 

This study aims to describe the application of methods of Quantum Writing in German language paragraph writing skills of students of class XI.

 

This research is descriptive qualitative. And also using literature. The research was done by collecting the study of theory related to quantum methods Writing for the simple paragraph writing skills from a variety of sources both in the form of books relating to the method of Quantum Writing and Internet sites that support. This study is a test instrument and also the RPP as a supporting instrument.

 

The conclusion of this research is the application of methods of Quantum Writing for a simple paragraph writing skills class XI IPS 2 SMA 3 Kediri is suitable for use as an alternative learning model in learning German language skills, especially for writing simple paragraphs.

Keywords: writing paragraphs, kererampilan menulis.Quantum Writing

Published
2014-09-17
How to Cite
MUJAYANTI, N. (2014). PENERAPAN METODE QUANTUM WRITING UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 KEDIRI. LATERNE, 3(3). https://doi.org/10.26740/lat.v3n3.p%p
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 48