PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL M.I.G UNTUK PENGUASAAN UNBESTIMMTER UND BESTIMMTER ARTIKEL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAOSPATI

  • WIBRINDA PUTRI MARHENDIKA

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini menghasilkan sebuah media berbentuk Video Tutorial M.I.G berbahasa Jerman. Video Tutorial M.I.G  dapat membantu siswa berlatih unbestimmter und bestimmter Artikel. Berdasarkan hasil wawancara 20 siswa membutuhkan media pendukung untuk membantunya menguasai unbestimmte rund bestimmter Artikel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  (1) Bagaimanakah proses Pengembangan Media Video Tutorial M.I.G (Materialien zur Interaktiven Grammatik) Untuk Penguasaan Grammatik unbestimmter und bestimmter Artikel Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maospati? (2) Apakah Media Video Tutorial M.I.G (Materialien zur Interaktiven Grammatik) Untuk Penguasaan Unbestimmter und Bestimmter Artikel Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maospati layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kurikulum 2013?, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan Video Tutorial M.I.G  sebagai media untuk penguasaan unbestimmter und bestimmter Artikel di kelas X SMAN 1 Maospati. (2) mengethui kelayakan Media Video Tutorial M.I.G (Materialien zur Interaktiven Grammatik) Untuk Penguasaan unbestimmter und bestimmter Artikel Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maospati sebagai  media pembelajaran pada kurikulum 2013.

Jenis penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, uji materi, uji media, pengamatan,dan wawancara. Teknik pengumpulan data media video tutorial M.I.G ini melalui 10 tahapan, yaitu: (1) Analisis ujung depan, (2) Analisis siswa, (3) perumusan tujuan, (4) Penyusunan tes, (5) penyusunan media, (6) pemilihan format 7) rancangan awal, 8) validasi ahli media 9) validasi ahli materi 10) uji coba terbatas, dan 11) Analisis data.

Dalam proses pengembangan produk, diperoleh  data sebagai berikut: Hasil pengamatan setelah menggunakan M.I.G 85%. Hasil rata-rata validasi ahli media sebesar 81,62% dengan kriteria penilaian “sangat kuat” dan validasi ahli materi sebesar 85% dengan kriteria penilaian “sangat kuat” serta angket respon siswa sebesar  94,53%.

Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial M.I.G yang dikembangkan dapat digunakan untuk penguasaan unbestimmter und bestimmter Artikel di kelas X SMAN 1 Maospati dan video tutorial M.I.G sesuai dengan kurikulum 2013.

 

Kata Kunci:        Pengembangan, Media Video Tutorial M.I.G, Penguasaan:unbestimmter und bestimmter Artikel Siswa,Kelas X SMA.

 

Abstract

 

The purpose of this study is producing a German Tutorial Video M.I.G. Tutorial Video MIG can help students to practice “unbestimmter und bestimmter Artikel “. The researcher find that there are 20 Students who need a media support to helping study “unbestimmter und bestimmter Artikel “. The problem of this study are (1) How is the process developing Tutorial Video MIG (Materialien Interaktiven zur Grammatik) to learn “unbestimmter und bestimmter Artikel” in senior high school 1 Maospati X Grade? (2) Is  Tutorial Video MIG (Materialien Interaktiven zur Grammatik) to learn “unbestimmter und bestimmter Artikel” in senior high school 1 Maospati X Grade is suitable to use as a Medium in learning german based to the curriculum 2013 ? The purpose of this study are  (1) To describe the process of the development Tutorial Video M.I.G as a medium to learn “unbestimmter rund bestimmter Artikel “in senior high school 1 Maospati X Grade. (2) to know suitable of Tutorial Video M.I.G to learn “unbestimmter und bestimmter Artikel”  in senior high school 1 Maospati X Grade as a medium with curriculum 2013. This research is a qualitative descriptive and use the development according to Thiagarajan. Data were collected by questionnaire, test, test of medium, observations, and interviews. The technick of collecting data of tutorial video M.I.G has 11 stages : (1) Medium Analysis, (2) Analysis of students, (3) Formulation of objectives, (4) Preparation of the test, (5) The preparation of media, (6) Selection of format, (7) preliminary design, (8) Validation of medium, (9) Validation of material, (10) limited trial, and  (11) Data Analysis. When development process, the data are : the observations after using the M.I.G 85%, the average result of expert validation is 81,62% with assessment criteria “very strong” and the student questionnaire responses are 94,53%. Based on the results, we can conclude that tutorial video M.I.G can be used to learn “unbestimmter und bestimmter Artikel” in senior high school 1 Maospati X Grade and tutorial video M.I.G match with  curricullum 2013.

 

Keywords:          Development Media Video Tutorial M.I.G, “Grammatik unbestimmter

                             und bestimmter Artikel “ to Students. 

Published
2014-09-17
How to Cite
PUTRI MARHENDIKA, W. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL M.I.G UNTUK PENGUASAAN UNBESTIMMTER UND BESTIMMTER ARTIKEL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAOSPATI. LATERNE, 3(3). https://doi.org/10.26740/lat.v3n3.p%p
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 51