PERBANDINGAN WAKTU TUNGGU RATA-RATA NASABAH PADA PELAYANAN TELLER BANK MENGGUNAKAN METODE FCFS DAN SPF

  • Abdul Rauf Nafik

Abstract

Antrian adalah satu atau lebih orang atau barang yang berdatangan dalam barisan yang sedang menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Adanya antrian disebabkan oleh ketidakseimbangan antara orang atau barang yang datang untuk mendapatkan pelayanan dengan ketersediaan fasilitas pelayanan. Permasalahan antrian sering terjadi dalam kegiatan sehari–hari, salah satunya lamanya waktu tunggu dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan di Bank. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan waktu tunggu rata2 metode First Come First Serve dan Shortest Processed First memberikan usulan perbaikan terhadap metode antrian yang optimum untuk mengurangi waktu tunggu dalam antrian.

Penelitian ini dilakukan di BTN Cabang Surabaya dengan fokus pada pelayanan yang diberikan oleh Teller umum. Data diambil pada rentang waktu 2 Mei 2017 sampai 16 Mei 2017 pada pukul 08.30-11.30 WIB. Analisa data untuk pengujian distribusi dilakukan dengan program SPSS 20 dan untuk membantu proses analisa dilakukan dengan program WINQSB dan Microsoft Excel 2007. Dari hasil penelitian ini, didapat bahwa metode yang optimal untuk periode waktu 5, dan 4 menit adalah First Come First Serve dengan menunjukkan hasil waktu tunggu rata-rata FCFS 200,81 detik dan SPF 204,13 detik untuk periode 5 menit dan FCFS 200,81 detik dan SPF 204,16 detik untuk periode 4 menit. Metode yang optimal untuk periode waktu 3 adalah Shortest Processed First dengan menunjukkan hasil waktu tunggu rata-rata FCFS 200,81 detik dan SPF 197,97 detik.

Kata Kunci : Antrian, Teller Umum, First Come First Serve, Shortest Processed First

Published
2017-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 69