PENERAPAN MODEL ARIMA DALAM PERAMALAN JUMLAH PELANGGAN WIFI INTERNET DI SURABAYA

  • RENDRA HENDRIYANTO

Abstract

PT. Exas adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. PT. Exas merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia dan salah satu asset penjualannya yaitu wifi internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peramalan jumlah pelanggan wifi internet PT. Exas untuk 10-15 Mei 2012  kedepan dengan menggunakan model ARMA. Dalam analisis ini, penulis menggunakan software Minitab 17 dan Eviews 8 untuk pengolahan data. Asumsi stasioneritas harus terpenuhi sebelum melakukan analisis lebih lanjut. Pada peramalan jumlah pelanggan wifi internet PT. Exas dengan model ARMA diperoleh nilai model ARMA (1,0,0) dengan ARMA  p = 1 didapat dari proses Partial Autocorrelation Function, nilai d = 0 didapat dari proses Differencing dan nilai q = 0   didapat dari proses Autocorrelation Function  Peramalan jumlah pelanggan wifi internet PT. Exas dengan menggunakan model ARMA diharapkan dapat membantu perusahaan mengestimasi pelanggan dengan menghasilkan ramalan untuk memprediksi banyaknya jumlah pelanggan wifi internet PT. Exas pada periode yang akan datang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model ARMA (1,0,0) layak digunakan pada jumlah pelanggan wifi internet PT. Exas dengan keakuratan yang cukup.

Kata Kunci : Peramalan, Pelanggan Wifi Internet,  ARIMA.

Published
2017-09-26
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 51