PENENTUAN SEGMENTASI PELANGGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS DAN MODEL FUZZY RFM

  • Vista Hermawati Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Sulaiman Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami persaingan yang ketat. E-commerce merupakan salah satu bisnis besar yang ada di Indonesia. Pelanggan merupakan sumber yang penting bagi e-commerce dalam memperoleh pendapatan semaksimal mungkin. Maka e-commerce perlu mengembangkan strategi pemasaran untuk kedepannya. E-commerce harus mengetahui pelanggan yang menguntungkan baginya melalui segmentasi pelanggan dimana pelanggan akan dibagi dalam beberapa kelompok menurut kemiripan karakteristik pada setiap pelanggannnya. Data pelanggan tersebut dikelompokkan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means yang digabungkan dengan model Fuzzy RFM (Recency, Frequency, dan Monetary) guna mengetahui kelas pelanggan berdasarkan kelompoknya. Kelompok pelanggan tersebut diuji validitas cluster untuk menentukan cluster yang optimal menggunakan uji validitas Modified Partition Coefficient (MPC). Data pada penelitian ini yaitu sebanyak 111 pelanggan dalam periode 4 bulan. Data tersebut didapatkan dengan menggunakan kuisioner yang berisikan pertanyaan yang sesuai dengan model RFM. Model RFM berupa Recency (interval waktu antara tanggal transaksi terakhir sampai akhir periode yang sudah ditetapkan), Frequency (banyaknya transaksi yang sudah dilakukan dalam satu periode yang ditentukan), dan Monetary (jumlah uang yang dikeluarkan pada saat transaksi satu periode yang ditentukan). Dari data tersebut dapat diketahui bahwa pembagian kelompok yang optimal yaitu sebanyak 2 kelompok dengan hasil kelas pelanggan Dormant Customer F dan Everyday Shopper E dengan nilai validitas sebesar 0.778681508. Pelanggan pada Dormant Customer F yaitu sebanyak 83.7838% dengan nilai pusat cluster Recency 11.6472, Frequency 8.51460, dan Monetary 399770.18041. Everyday Shopper E yaitu sebanyak 16.2162% dengan nilai pusat cluster Recency 5.72924, Frequency 24.56709, dan Monetary 1957744.49306.

Kata Kunci : Segementasi Pelanggan, Fuzzy C-Means, Model Fuzzy RFM, Modified Partition Coefficient

Published
2021-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 165