PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS PERSAINGAN JASA PENGIRIMAN BARANG (EKSPEDISI)

  • Siti Latifah Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Puji Astuti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rantai markov dapat diimplementasikan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan dan memprediksi kejadian di masa mendatang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis Brand Switching dari pelanggan jasa pengiriman barang dan memprediksi peluang dari perpindahan merek ditahun yang akan mendatang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner oleh mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian ini sebanyak 71 kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi steady state pada periode ke-17, dimana 17 tahun yang akan datang yaitu pada tahun 2038 dan merek ekspedisi J&T Express merupakan ekspedisi yang paling banyak digunakan dengan peluang sebesar 0,3764, kemudian diikuti oleh ekspedisi SiCepat sebesar 0,2632, ID Express sebesar 0,1589, JNE sebesar 0,1542, dan ekspedisi Pos Indonesia sebesar 0,0473.

Published
2021-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 650
PDF Downloads: 874