Aplikasi Intuitionistic Fuzzy Multisets Dalam Pemilihan E-commerce Terbaik

  • Erni Adha Tsaniya Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Sulaiman Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Negara Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi aktivitas masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, khususnya pada masa pandemi Covid-19. Salah satu bentuk aktivitas masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi yang mengalami perubahan cukup signifikan akibat pandemi Covid-19 yaitu dalam hal transaksi jual-beli. Untuk menanggulangi hal tersebut, masyarakat mayoritas beralih dengan menggunakan e-commerce. Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin meningkat dengan banyaknya perusahaan e-commerce yang berdiri hingga saat ini seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Dari berbagai macam pilihan e-commerce yang terdapat di Indonesia terkadang membuat masyarakat sebagai konsumen menjadi bingung dalam memilih e-commerce terbaik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan e-commerce terbaik berdasarkan beberapa kriteria dengan menggunakan metode Jarak Euclidean dalam Intuitionistic Fuzzy Multisets (IFMS). Penelitian ini menggunakan lima alternatif e-commerce yaitu Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Penilaian terhadap e-commerce didasarkan pada enam kriteria yaitu harga, variasi produk, variasi metode pembayaran, variasi metode pengiriman, kesesuaian produk dengan gambar, dan voucher yang diberikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil studi kasus terhadap 20 responden yang pernah menggunakan e-commerce dan data diperoleh melalui pembagian kuisioner berupa google form. Hasil penelitian diperoleh e-commerce terbaik berdasarkan banyaknya responden yang direkomendasikan yaitu Lazada, dengan jumlah responden yang direkomendasikan sebanyak 9 responden.

Published
2021-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 222