PENERAPAN SISTEM ANTREAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH JALUR OPTIMAL PADA STASIUN BAHAN BAKAR UMUM BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL LAYANAN DAN BIAYA TUNGGU CUSTOMER

  • Silvia Wijaya Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Puji Astuti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Jumlah sepeda motor yang terdapat di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 112.771.136 unit. Pengguna sepeda motor di Indonesia bahkan mencapai 81,78% dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya. Jumlah pengguna sepeda motor juga bisa dilihat dari banyaknya moda transportasi motor terutama ojek berbasis aplikasi atau ojek online. Banyaknya pengguna sepeda motor dan meningkatnya popuaritas ojek online ini juga mengakibatkan peningkatan dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pelayanan yang baik pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk melayani peningkatan pembelian bahan bakar sehingga tidak terjadi antrean yang panjang. Menggunakan model antrean atau queuing system untuk mengatasi dan mencari solusi dari permasalahan pada SPBU tersebut, di mana pada kasus ini dicari jalur fasilitas optimal untuk menghindari penumpukan customer. Metode analisis

dengan menggunakan analisis teori antrean yang sesuai dengan model antrean yang diterapkan pada SPBU yakni model antrean jalur berganda yang artinya terdapat lebih dari satu jalur pelayanan dan hanya terdapat satu tahapan pelayanan yang harus dilalui oleh pelanggan untuk menyelesaikan pelayanan. Kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan mengikuti distribusi Poisson dan distribusi eksponensial. Hasil dari penelitian diperoleh dua jalur optimal, berdasarkan hasil perhitungan biaya per fasilitas pelayanan dan lama waktu menunggu customer yang datang ke SPBU. Penambahan jalur tidak diperlukan.

Kata Kunci: Antrean, Distribusi Poisson, SPBU

 

 

The number of motorcycles in Indonesia in 2020 reached 112,771,136 units. Motorcycle users in Indonesia even reached 81.78% compared to other types of vehicles. The number of motorcycle users can also be seen from the many modes of motorcycle transportation, especially app-based motorcycle taxis or online motorcycle taxis. The number of motorcycle users and the increasing popularity of online motorcycle taxis also increased the use of fuel oil. Therefore, a good service system is needed at public fueling stations (gas stations) to serve the increase in fuel purchases so that there are no long lines. Using the queue model or queuing system to overcome and find solutions to the problem of gas stations, wherein in this case the optimal facility path is sought to avoid customer buildup. The method of analysis with the analysis of queue theory following the queue model applied to the gas station is the double line queue model means that there is more than one line of facilities and there is only one stage of service that must be passed by the customer to complete the service. Arrival rate and service rate follow the Poisson distribution and exponential distribution. The results of the study obtained two optimal paths, based on the results of calculating the cost per service facility and the length of waiting time for customers who come to the gas station. Line addition is unnecessary.

Keyword: Queue, Poisson Distribution, Gas Station

 

Published
2021-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 179