PENGGUNAAN STRATEGI HEDGING (LINDUNG NILAI) PADA PEMODELAN OPSI SAHAM KARYAWAN YANG MENGALAMI PERGERAKAN PERDAGANGAN SECARA STATIS DAN DINAMIS

  • Putri Fadhilla Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Rudianto Artiono Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memodelkan opsi saham karyawan yang mengalami pergerakan perdagangan secara statis dan dinamis menggunakan strategi hedging (lindung nilai). Hedging (lindung nilai) merupakan tindakan yang dilakukan untuk melindungi aset ataupun hutang sebuah perusahaan dari exposure terhadap perubahan nilai tukar sehingga dapat mengurangi atau meniadakan resiko pada suatu investasi di bursa saham. Strategi ini digunakan untuk melindungi nilai keuangan jangka panjang pada aset non liquid seperti opsi saham. Opsi saham merupakan suatu perjanjian yang memungkinkan pemiliknya untuk melakukan call (menjual) atau put (membeli) suatu saham dengan harga yang telah ditentukan pada waktu tertentu. Salah satu jenis opsi saham adalah opsi saham karyawan. Pemegang opsi saham karyawan dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian dari aset yang diperjualbelikan dengan melakukan lindung nilai. Metode ini menggabungkan antara pergerakan perdagangan dinamis dari aset liquid yang saling berkorelasi dan posisi statis dalam opsi yang diperdagangkan di bursa saham. Strategi lindung nilai statis-dinamis ini mengarah pada masalah kontrol stokastik dan Persamaan Diferensial Parsial Hamilton-Jacobi-Bellman melalui serangkaian transformasi yang dapat dilakukan untuk menyederhanakan masalah dan menghitung strategi lindung nilai yang optimal. Penelitian ini menghasilkan model matematika yang dapat digunakan untuk menentukan harga yang wajar dari suatu opsi saham karyawan yang mengalami pergerakan perdagangan secara statis dan dinamis.

Kata Kunci: Opsi Saham Karyawan, Strategi Hedging, PDP Hamilton-Jacobi-Bellman.

  

 

Abstract

This article aims to model employee stock options that experience trading movements statically and dynamically using a hedging strategy. Hedging is an action taken to protect a company's assets or debts from exposure to changes in exchange rates so as to reduce or eliminate the risk of an investment in the stock market. This strategy is used to protect the long-term financial value of non-liquid assets such as stock options. A stock option is an agreement that allows the owner to call (sell) or put (buy) a stock at a predetermined price at a certain time. One type of stock options is employee stock options. Holders of employee stock options can maximize profits and minimize losses from the assets traded by hedging. This method combines dynamic trading movements of correlated liquid assets and static positions in options traded on the stock exchange. This static-dynamic hedging strategy leads to the problem of stochastic control and the Hamilton-Jacobi-Bellman Partial Differential Equation through a series of transformations that can be performed to simplify the problem and calculate the optimal hedging strategy. This research produces a mathematical model that can be used to determine the fair price of an employee stock option that experiences static and dynamic trading movements.

Keywords: Employee Stock Option, Hedging Strategy, PDE Hamilton-Jacobi-Bellman.

Published
2021-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 268
PDF Downloads: 228