ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN CAFE DI TUBAN DENGAN METODE GAME THEORY (TEORI PERMAINAN)

  • Desta Cahaya Putri Enjeli Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis strategi perersaingan pada brand cafe. Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dengan cara membagikan kuisioner. Kuisioner dibagikan kepada 100 masyarakat Tuban. Angket ini digunakan untuk mengumpulkan data brand cafe yang sering dikunjungi oleh para masyarakat Tuban dan alasan mengapa mereka memilih cafe tersebut. Pada data yang diperoleh, dapat ditemukan bahwa cafe Belikopi dan cafe Konco Dolan merupakan cafe yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Tuban. Untuk menentukan strategi yang paling optimal bagi kedua brand cafe, maka akan dianalisis menggunakan metode teori permainan. Ada tiga kategori yang dapat dijadikan strategi oleh kedua cafe, yaitu 3S yang meliputi strategi harga terjangkau, strategi kualitas produk, dan strategi tempat nyaman. 3S tersebut diharapkan dapat menjadi acuan kedua cafe mengenai strategi yang tepat untuk diterapkan pada kedua cafe tersebut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3S yang digunakan oleh cafe Belikopi dan cafe Konco Dolan. Dalam permainan ini, Belikopi diposisikan sebagai pemain baris dan Konco Dolan sebagai pemain kolom. Dalam game theory pada persaingan antar brand cafe ini akan menggunakan strategi tunggal. Hasil dari penelitian ini adalah cafe Belikopi disarankan agar menggunakan strategi harga terjangkau, sedangkan untuk cafe Konco Dolan disarankan agar menggunakan strategi tempat nyaman untuk hasil penjualan yang lebih maksimal.
Kata Kunci: cafe, game theory, strategi persaingan.

Published
2022-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 575
PDF Downloads: 595