Teori Permainan untuk Mengkaji Strategi Pelanggan Optimal pada Traveloka dan Tiket.com

  • Desy Denada Natalia Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Esther Sorta Mauli Nababan Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Parapat Gultom Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Muhammad Romi Syahputra Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sumatera Utara, Medan

Abstract

Seiring semakin mudahnya masyarakat untuk bepergian dan pesatnya perkembangan teknologi digital, masyarakat lebih memilih untuk memesan tiket secara online. Hal ini mendorong banyak e-commerce penjualan tiket online bermunculan dengan caranya masing-masing untuk menarik pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan. Diperlukan strategi optimal untuk mencegah perpindahan pelanggan. Menurut survei, Traveloka dan Tiket.com adalah e-commerce yang paling banyak digunakan. Kedua e-commerce tersebut saling bersaing untuk mencari dan mempertahankan pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelanggan optimal dalam persaingan e-commerce penjualan tiket pesawat yaitu Traveloka dan Tiket.com menggunakan teori permainan serta untuk mengetahui probabilitas perpindahan pelanggan di antara kedua e-commerce tersebut dengan metode rantai markov. Dalam permainan dua pemain jumlah nol terdapat dua strategi yaitu strategi murni dan strategi campuran, namun apabila kedua strategi itu tidak menghasilkan titik pelana maka akan digunakan metode alternatif. Pada penelitian ini, akan digunakan metode dual simpleks. Penelitian ini menghasilkan solusi optimal dengan menggunakan metode dual simpleks dimana bagi kedua e-commerce strategi optimalnya adalah strategi harga termurah dan strategi banyaknya metode pembayaran, dengan probabilitas perpindahan Traveloka sebesar 0,4817 dan Tiket.com sebesar 0,5183.

Published
2023-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 290
PDF Downloads: 239