Analisis Faktor Kualitas Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pemustaka

  • Erna Setianingsih Departemen Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang
  • Asmianto Asmianto Departemen Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian mengenai analisis faktor dilakukan untuk mengetahui variabel dan masing-masing indikatornya yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka. Terdapat 5 dimensi variabel kualitas pelayanan yang digunakan yaitu 1) Tangibles , 2) Reliability , 3) Responsiveness , 4) Assurance , dan 5) Emphaty . Data diperoleh dengan membagikan kuesioner yang berisi pernyataan dan diuji dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 25. Metode penelitian analisis yang digunakan yaitu faktor konfirmatori dimana variabel telah ditentukan sejak awal penyesuaian pada studi literatur.Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah daya tanggap (daya tanggap) yang mampu menjelaskan sebesar 64,642%, urutan selanjutnya yaitu variabel jaminan, empati, izin dan bukti nyata . Indikator dari variabel responsiveness yang paling dominan adalah dengan nilai loading sebesar 0,884. Selanjutnya indikator pada variabel jaminan yang paling berpengaruh adalah dengan nilai loading 0,819. Indikator pada variabel emphaty yang paling berpengaruh adalah dengan loading sebesar 0,861. Pada reliabilitas variabelindikator yang paling berpengaruh adalah dengan nilai loading 0,739 dan indikator pada variabel bukti fisik (tangibles) yang paling berpengaruh adalah dengan nilai loading adalah 0,848.

Kata Kunci: Analisis Faktor, Kepuasan Pemustaka, Kualitas Pelayanan.

Published
2024-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 32