ANALISIS PERPINDAHAN MEREK DAN STRATEGI PEMASARAN UMKM MENGGUNAKAN METODE RANTAI MARKOV DAN TEORI PERMAINAN

  • Karmila Mokoginta Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo
  • Salmun K. Nasib Program Studi Statistika, FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo
  • Ismail Djakaria Program Studi Statistika, FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo
  • Djihad Wungguli Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menyengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas pada masyarakat. Di provinsi Gorontalo, UMKM berkembang semakin pesat. Banyaknya pilihan UMKM berdampak pada tingkat keinginan konsumen terhadap suatu produk sehingga konsumen berpeluang untuk melakukan perpindahan merek. Dalam mengatasi masalah perpindahan merek, para pelaku UMKM harus memilih strategi pemasaran yang tepat, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan minat pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perpindahan pelanggan dan strategi pemasaran UMKM di Temu Social Space Gorontalo menggunakan metode rantai markov dan teori permainan. UMKM yang dimaksud adalah Drinking Of You (DOY), Mhimhithaitea dan Sruput. Hasil penelitian menunjukkan perpindahan pelanggan dari Drinking Of You (DOY) ke Mhimhithaitea sebesar 0,143, Mhimhithaitea ke Drinking Of You (DOY) sebesar 0,120, Drinking Of You (DOY) ke Sruput sebesar 0,032, Sruput ke Drinking Of You (DOY) sebesar 0,167, Mhimhithaitea ke Sruput sebesar 0,200, Sruput ke Mhimhithaitea sebesar 0,250. Sementara itu, strategi pemasaran optimal Drinking Of You (DOY) adalah promosi dan kualitas rasa. Strategi pemasaran optimal Mhimhithaitea adalah harga, kualitas rasa dan pelayanan. Strategi pemasaran optimal Sruput adalah kualitas rasa dan kemasan.

Published
2024-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 44