PENERAPAN METODE FUZZY EDAS DALAM PEMILIHAN OBJEK WISATA TERFAVORIT DI KOTA BATU

Authors

  • Ratri 'Illiyun Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Nur Yunianti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathunesa.v12n3.p486-495

Abstract

Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu dalam jangka waktu sementara. Salah satu kota di Indonesia, khususnya Jawa Timur yang dikenal sebagai kota wisata adalah Kota Batu. Pembangunan beberapa tempat wisata buatan yang dimulai tahun 2001 membuat Kota Batu semakin dikenal sebagai kota wisata berbasis wisata buatan. Banyaknya ketersediaan pilihan objek wisata buatan di Kota Batu membuat pengunjung kebingungan untuk menentukan objek wisata yang akan dipilih. Dalam penelitian ini, lima objek wisata buatan yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, BNS, dan Selecta dipilih berdasarkan popularitas dengan sumber google destinations dan situs pembelian tiket wisata online seperti Tiket.com dan Traveloka. Penelitian ini menggunakan data primer dari penyebaran kuisioner secara online dengan 50 orang responden yang berusia 15-50 tahun dan pernah mengunjungi kelima objek wisata tersebut. Penilaian objek wisata didasarkan pada enam kriteria, yaitu harga tiket masuk wisata, pelayanan dari pihak objek wisata, kemudahan akses jalan menuju lokasi wisata, kelengkapan fasilitas umum, keamanan wisata atau wahana, dan kebersihan objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode fuzzy EDAS dalam pemilihan objek wisata terfavorit di Kota Batu. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode fuzzy EDAS, objek wisata Jatim Park 1 menjadi objek wisata terfavorit dengan skor penilaian sebesar 0.88945, diikuti oleh Jatim Park 2 sebagai peringkat kedua dengan skor penilaian sebesar 0.6466, Museum Angkut sebagai peringkat ketiga memiliki skor penilaian 0.52122, BNS sebagai peringkat keempat dengan skor penilaian sebesar 0.33531, dan Selecta sebagai peringkat terakhir memiliki skor penilaian sebesar 0.00094.
Kata Kunci: Pemilihan objek wisata, Kota Batu, fuzzy EDAS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 50