PENERAPAN METODE FUZZY DEMATEL DALAM PENENTUAN FAKTOR UTAMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathunesa.v12n3.p528-539Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria utama dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di klinik menggunakan metode Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL). Kualitas pelayanan kesehatan yang baik sangat penting untuk memastikan kepuasan dan kesejahteraan pasien. Metode DEMATEL digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kausal (keterkaitan sebab-akibat) di antara berbagai kriteria yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 65 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme dokter atau staf dalam merawat pasien memiliki peran kunci dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dengan nilai peran sentral sebesar 26.61946. Selanjutnya sikap kepedulian dokter atau staff dalam menangani pasien memperoleh nilai peran sentral sebesar 26.27866, tingkat komunikasi dokter atau staff dengan nilai peran sentral sebesar 25.02507. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di klinik, peningkatan profesionalisme tenaga medis harus menjadi prioritas utama. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, serta memberikan wawasan bagi penelitian lebih lanjut di bidang fuzzy DEMATEL.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

