PENERAPAN METODE FUZZY DEMATEL DALAM PENENTUAN FAKTOR UTAMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK

Authors

  • Nisa Anggraini Muspita Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Nur Yunianti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathunesa.v12n3.p528-539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria utama dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di klinik menggunakan metode Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL). Kualitas pelayanan kesehatan yang baik sangat penting untuk memastikan kepuasan dan kesejahteraan pasien. Metode DEMATEL digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kausal (keterkaitan sebab-akibat) di antara berbagai kriteria yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 65 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme dokter atau staf dalam merawat pasien memiliki peran kunci dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dengan nilai peran sentral sebesar 26.61946. Selanjutnya sikap kepedulian dokter atau staff dalam menangani pasien memperoleh nilai peran sentral sebesar 26.27866, tingkat komunikasi dokter atau staff dengan nilai peran sentral sebesar 25.02507. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di klinik, peningkatan profesionalisme tenaga medis harus menjadi prioritas utama. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, serta memberikan wawasan bagi penelitian lebih lanjut di bidang fuzzy DEMATEL.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 134 , PDF Downloads: 63