PEMILIHAN PRODUSEN FAST MOVING CONSUMER GOODS KOPI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE GABUNGAN BWM, WASPAS DAN TOPSIS DALAM HIMPUNAN FUZZY INTUISIONISTIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan produsen Fast Moving Consumer Goods (FMCG) kopi terbaik dengan menggunakan metode gabungan Best Worst Method (BWM),Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS), dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam himpunan fuzzy intuitionistic. Kriteria pemilihan produsen FMCG meliputi produk terlaris, harga diskon, dukungan promosi, ketepatan waktu pengiriman, umur produk, pengemasan, dan opsi pembayaran. Hasil analisis menggunakan metodeBWM menunjukkan bahwa kriteria produk terlaris merupakan yang paling penting dengan bobot 0.2916, diikuti oleh harga diskon dengan bobot 0.1632, dan dukungan promosi dengan bobot 0.1555. Penerapan metode WASPAS dan TOPSIS menghasilkan peringkat alternatif produsen, dimana WINGS Food (Top Coffee) menempati peringkat pertama dengan nilai kedekatan relatif 0.9538, diikuti oleh PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api) dan PT Java Prima Abadi (Luwak Coffee). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Multi Criteria Decision Making (MCDM) yang menggabungkan BWM, WASPAS, dan TOPSIS dapat memberikan hasil yang optimal dalam pemilihan produsen FMCG kopi.
Kata Kunci: FMCG, fuzzy intuitionistic, BWM,WASPAS, TOPSIS, MCDM, produsen kopi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 213
,
PDF Downloads: 219









