PEMILIHAN PRODUSEN FAST MOVING CONSUMER GOODS KOPI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE GABUNGAN BWM, WASPAS DAN TOPSIS DALAM HIMPUNAN FUZZY INTUISIONISTIK

Authors

  • Caesar Dani Farrel Caesar Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Nur Yunianti Yunianti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan produsen Fast Moving Consumer Goods (FMCG) kopi terbaik dengan menggunakan metode gabungan Best Worst Method (BWM),Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS), dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam himpunan fuzzy intuitionistic. Kriteria pemilihan produsen FMCG meliputi produk terlaris, harga diskon, dukungan promosi, ketepatan waktu pengiriman, umur produk, pengemasan, dan opsi pembayaran. Hasil analisis menggunakan metodeBWM menunjukkan bahwa kriteria produk terlaris merupakan yang paling penting dengan bobot 0.2916, diikuti oleh harga diskon dengan bobot 0.1632, dan dukungan promosi dengan bobot 0.1555. Penerapan metode WASPAS dan TOPSIS menghasilkan peringkat alternatif produsen, dimana WINGS Food (Top Coffee) menempati peringkat pertama dengan nilai kedekatan relatif 0.9538, diikuti oleh PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api) dan PT Java Prima Abadi (Luwak Coffee). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Multi Criteria Decision Making (MCDM) yang menggabungkan BWM, WASPAS, dan TOPSIS dapat memberikan hasil yang optimal dalam pemilihan produsen FMCG kopi.

Kata Kunci: FMCG, fuzzy intuitionistic, BWM,WASPAS, TOPSIS, MCDM, produsen kopi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 213 , PDF Downloads: 219