ANALISIS HUBUNGAN ANTARA ANGKA TIDAK SEKOLAH (ATS), TINGKAT KEMISKINAN, DAN ANGKA MELEK HURUF (AMH) DENGAN BIPLOT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperdalam analisis tentang hubungan antara pendidikan, literasi, dan kemiskinan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis biplot yang merupakan teknik statistik deskriptif yang memungkinkan penyajian visual simultan dari objek pengamatan dan variabel dalam ruang dua dimensi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rata-Rata Lama Sekolah (RLS), Angka Melek Huruf (AMH), dan Persentase Orang Miskin. Tiap variabel dilakukan analisis desktiptif untuk mengetahui sebaran datanya, lalu selanjutnya dilakukan analisis biplot, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RLS dan AMH memiliki hubungan yang kuat dengan tingkat kemiskinan (persentase orang miskin). Tingkat pendidikan yang lebih tinggi secara umum berkorelasi dengan tingkat kemiskinan yang lebih rendah. Provinsi DKI Jakarta dan Kep. Riau memiliki keberhasilan dalam taraf pendidikan yang tinggi dan kemiskinan rendah, sedangkan Provinsi Papua Pegunungan dan Nusa Tenggara Timur masih memerlukan perhatian untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf pendidikan. Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah terlihat jauh dari kelompok lainnya, menunjukkan karakteristik yang unik, seperti kemiskinan sangat tinggi dan pendidikan sangat rendah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 205
,
PDF Downloads: 202









