PENGAPLIKASIAN PEWARNAAN GRAF DENGAN ALGORITMA GREEDY PADA PETA WILAYAH KOTA SUKABUMI
Abstract
Algoritma Greedy dapat digunakan untuk mengoptimalkan pewarnaan kota Sukabumi. Kecamatan diasumsikan sebagai titik, sedangkan garis digunakan untuk menghubungkan dua wilayah yang berdekatan. Algoritma Greedy adalah salah satu algoritma yang dikembangkan untuk menyelesaikan masalah pewarnaan graf, dengan tujuan menghasilkan warna sesedikit mungkin tanpa memiliki area yang berdekatan menggunakan warna yang sama. Algoritma Greedy menggunakan kandidat warna dan menginisialisasi solusi. Pewarnaan dilakukan pada titik pertama pada derajat tertinggi. Selanjutnya, diperiksa kelayakan warna menggunakan prinsip bahwa tidak ada titik tetangga yang memiliki warna yang sama. Warna yang dihasilkan adalah anggota dari rangkaian solusi. Proses pewarnaan diulang sampai semua titik diwarnai.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 210
,
PDF Downloads: 208









