PENGAPLIKASIAN PEWARNAAN GRAF DENGAN ALGORITMA GREEDY PADA PETA WILAYAH KOTA SUKABUMI

Authors

  • Syavira Syifausufi
  • Annasha Khairani Taufiq
  • Mutiara Dewi Nadhifa
  • Carens Febrian
  • Daisy Tsamara Athifa
  • Sisilia Sylviani Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Padjadjaran

Abstract

Algoritma Greedy dapat digunakan untuk mengoptimalkan pewarnaan kota Sukabumi. Kecamatan diasumsikan sebagai titik, sedangkan garis digunakan untuk menghubungkan dua wilayah yang berdekatan. Algoritma Greedy adalah salah satu algoritma yang dikembangkan untuk menyelesaikan masalah pewarnaan graf, dengan tujuan menghasilkan warna sesedikit mungkin tanpa memiliki area yang berdekatan menggunakan warna yang sama. Algoritma Greedy menggunakan kandidat warna dan menginisialisasi solusi. Pewarnaan dilakukan pada titik pertama pada derajat tertinggi. Selanjutnya, diperiksa kelayakan warna menggunakan prinsip bahwa tidak ada titik tetangga yang memiliki warna yang sama. Warna yang dihasilkan adalah anggota dari rangkaian solusi. Proses pewarnaan diulang sampai semua titik diwarnai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 210 , PDF Downloads: 208