ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PADA PENGADILAN NEGERI SURABAYA NOMOR 139/G/2012/PHI.Sby JUNCTO PUTUSAN KASASI NOMOR 469K/PDT.SUS-PHI/2013 TENTANG PERSELISIHAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA BAGI PEKERJA YANG MASUK USIA PENSIUN

  • DENNY YANUAR SETYO L

Abstract

Dalam sebuah hubungan kerja sering terjadi perselisihan yang kemudian sampai dibawa ke tingkat pengadilan. Salah satunya adalah Putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 139/G/2012/PHI.Sby jo. Putusan Kasasi Nomor 469K/PDT.SUS-PHI/2013. Permasalahan timbul disebabkan tidak adanya kesesuaian pendapat mengenai pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh salah satu pihak. Pihak Tergugat yang dalam hal ini adalah Setyo Budi, S.E, pekerja PT. Karyayudha Tiaratama merasa pengakhiran hubungan kerjanya dengan Penggugat adalah karena faktor Tergugat memasuki usia pensiun. Sedangkan menurut Penggugat yang dalam hal ini adalah PT. Karyayudha Tiaratama, Tergugat tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas atau mangkir, karena telah dipanggil dengan surat panggilan kerja kembali dan tetap tidak masuk. Hakim akhirnya memutuskan bahwa mewajibkan Penggugat untuk membayar hak yang diterima Tergugat pada saat pekerja pensiun.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pekerja yang telah menerima surat keputusan pensiun dapat dipekerjakan kembali tanpa persetujuan pekerja tersebut, dan untuk mengetahui apakah kewajiban yang belum tuntas pada masa kerja pihak pekerja, dapat membatalkan surat keputusan pensiun dan digantikan dengan surat keputusan Pemutusan Hubungan Kerja dengan alasan mangkir dalam Putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor: 139/G/2012/PHI.Sby jo. Putusan Kasasi No. 469K/PDT.SUS-PHI/2013. Penelitian ini merupakan penelitian hukum Normatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini didapatkan dari peraturan perundang-undangan, literatur dan juga didapatkan dari internet, maupun media lainnya yang berkaitan dengan obyek penelitian hukum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Pekerja yang telah menerima surat keputusan pensiun tidak dapat bekerja kembali tanpa persetujuan pekerja tersebut. Dalam hal kewajiban kerja yang belum tuntas tidak dapat membuat pekerja yang telah menerima surat keterangan pensiun dapat memperpanjang masa kerjanya.
Kata Kunci : Perselisihan Hubungan Industrial, Pemutusan Hubungan Kerja, Masuk Usia Pensiun
Abstract
In a working relations, there are some conflicts which are taken to the court. One of them is Surabaya Industrial Relation Court Verdict Number 139/G/2012/PHI Surabaya jo. Supreme Court Verdict Number 469K/PDT.SUS-PHI/2013. The conflict is caused by lack of suitability of opinions about the termination of working relations which is conducted by one of the parties. Setyo Budi who is defendant party, a labor in PT. Karyayudha Tiaratama believed that termination of his working relations is because retirement age factors. In other hand, according to PT. Karyayudha Tiaratama, Setyo Budi has a lot of absence, and has been called to work but he still didn’t come. Judge finally decides plaintiff must fulfill defendant is pension rights. It is aimed to found if manpower who gotten their retirement letter could back to work without their permission, and to found if obligation that not finished yet on working period of manpowers could declined retirement letter and could be replace by work termination of letter with reason absence in Surabaya Industrial Relation Court Verdict Number 139/G/2012/PHI Surabaya jo. Supreme Court Verdict Number 469K/PDT.SUS-PHI/2013. This research is a normative legal search. Approach used in this research is the statute, case, and conceptual approaches. The Legal collection techneqal in this research is literature study on legal regulation, literature and also from internet as well as other media that can be related with legal research objects. The writer concluded that a labor who has received a letter of retirement, unable to work again without the agreement letters. In case of unfinished working obligations, a labor who has received a retirement letter could not extend his working period.
Keywords : Industrial Relations Dispute, Work Termination, Pension

Published
2015-05-28
Section
ART 1
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 321