Habituasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja

  • HUMAM MAULANA KHAKIM
  • ALI IMRON

Abstract

Remaja perlu mendapat perhatian dan pendampingan khusus karena terjadi perubahan fisik dan hormonal. Apabila tidak mendapatkan demikian dikhawatirkan remaja salah menyikapi keadaan yang dialaminya. Rendahnya pengetahuan remaja terkait HKSR diperparah dengan informasi yang terbatas sekaligus benar. SeBAYA yang bergerak dibidang tersebut memiliki strategi mengatasinya sekaligus mewujdukan GenRe. Penelitian bertujuan mengidentifikasi strategi SeBAYA mewujudkan GenRe melalui program pendidikan kesehatan seksual reproduksi. Metode penelitian menggunakan kualitatif teori Habitus Piere Bordieu sekaligus sebagai pisau analisisnya. Teknik pengumpulan data menggunakan partisipatoris sekaligus indepht interview. Teknik Miles Huberman digunakan untuk analisis temuan kemudian diuji menggunakan triangulasi. Hasilnya menunjukkan pengurus SeBAYA memiliki strategi khusu untuk mewujudkan GenRe melalui pendidikan HKSR. Perdivisi memiliki program yang saling berkesinambungan. Habitus dilakukan untuk melaksanakan strategi yang berasal dari realitas kehidupan seksual reproduksi remaja. Pemberdayaaan dilakukan tidak hanya terhadap sasaran namun juga pada internal SeBAYA. Peran aktor internal dan eksternal sebagai modal dan dampak positif melaksanakan strategi sekaligus mewujudkan Generasi Berencana.

Kata kunci : Pengurus SeBAYA, Kesehatan Reproduksi, Habitus, Generasi Berencana

Published
2020-01-13
How to Cite
MAULANA KHAKIM, H., & IMRON, A. (2020). Habituasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Paradigma, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31552
Section
Articles
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 121