Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau Indonesia Timur di Universitas Negeri Surabaya

  • Clarisa Patricia Lawrence Universitas Negeri Surabaya
  • Moh Mudzakkir Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract

A person can migrate by leaving their hometown, this could be because of their own will within a predetermined period of time with the intention of earning a living, gaining experience or someone wanting to study. Adaptation to everyone's life is necessary and important, therefore self-adjustment needs to be done to create balance so that there is no pressure in one's life activities. The process that occurs for overseas students from Eastern Indonesia is certainly quite draining of energy, time and also the economy. And every individual student cannot be equalized because there are individuals who are easy to get along with and cannot easily get along with their new environment. This research uses qualitative methods, with the aim of identifying how overseas students from Eastern Indonesia adapt, what kind of experiences overseas students from Eastern Indonesia face. The theories used are adaptation theory and culture shock theory because both theories help understand the phenomena or problems in this research and this theory is also often used as a reference for previous research.

 

Abstrak

Merantau dilakukan seseorang dengan meninggalkan kampung halamannya, bisa karna dari kemauan diri sendiri dalam jangka waktu yang tlah ditentukan dengan maksud untuk mencari penghidupan, mencari pengalaman atau seseorang ingin menuntut ilmu. Penyesuaian diri bagi kehidupan setiap orang adalah hal yang perlu dan penting, sebab itu penyesuaian diri perlu dilakukan untuk dapat ciptakan keseimbangan agar tidak adanya tekanan dalam aktivitas kehidupan seseorang. Proses yang terjadi pada mahasiswa rantau Indonesia Timur ini pastinya cukup menguras tenaga, waktu dan juga ekonomi. Dan setiap individu mahasiswa tidak bisa di sama ratakan karna memang terdapat individu yang mudah bergaul dan tidak bisa dengan mudah bergaul dengan lingkungan barunya. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif, dengan tujuan mengidentifikasi bagaimana cara mahasiswa rantau Indonesia Timur ini dalam melakukan penyesuaian diri, bagaimana mahasiwa rantau Indonesia Timur yang mereka hadapi seperti apa. Teori yang digunakan yaitu teori adaptasi dan teori gegar budaya alasannya karena pada teori keduanya membantu memahami fenomena atau permasalahan pada penelitian ini dan teori ini juga sering digunakan sebagai refrensi dari penelitian terdahulu.

 

Keywords: Migrant; Self-Adaptation; East Indonesian Student Adaptation Process

Merantau;Penyesuaian Diri ;Proses Adaptasi Mahasiswa Indonesia Timur

Published
2024-01-22
How to Cite
Lawrence, C., & Mudzakkir, M. (2024). Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau Indonesia Timur di Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 13(1), 11-20. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/58494
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 126