PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 32 SURABAYA

  • SITI SURYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas, keterampilan sosial, dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental dan rancangan One-Shot case Study. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif, dengan skor rata-rata pada pertemuan I, II dan III masing-masing sebesar 3,69 (kriteria sangat baik), 3,87 (kriteria sangat baik), dan 3,92 (kriteria sangat baik). (2) Aktvitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT telah mewakili penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pencemaran lingkungan dapat melatihkan keterampilan sosial siswa yang ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan keterampilan sosial siswa pada tiap pertemuan. Pada pertemuan I terdapat 20,00% siswa termasuk kategori tuntas dengan predikat sangat baik, 62,86% tuntas dengan predikat baik dan 17,14% siswa belum tuntas. Pada pertemuan II terdapat 51,43% siswa tuntas dengan predikat sangat baik, dan 48,57% tuntas dengan predikat baik. Pada pertemuan III terdapat 82,86% siswa tuntas dengan predikat sangat baik dan 17,14% siswa tuntas dengan predikat baik. (4) Siswa memberikan respons yang baik sekali terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 95,36%.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Keterampilan Sosial

Published
2016-07-23
How to Cite
SURYANTI, S. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 32 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16149
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 38