PENGEMBANGAN PERMAINAN KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP

  • widya astutik

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kevalidan permainan kuartet berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi dan guru IPA, mendeskripsikan kepraktisan permainan Kuartet berdasarkan observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa, mendeskripsikan keefektifan permainan Kuartet berdasarkan hasil belajar berupa nilai pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Research and Development (R&D). Data dikumpulkan menggunakan metode validasi, pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar nilai pretest dan posttest dan angket respon siswa. Tahap validasi memperoleh persentase antara 69,44%-100% dengan kriteria layak hingga sangat layak untuk komponen kelayakan isi, format, tampilan, dan komponen kelayakan fungsi permainan Kuartet. Persentase dari hasil pengamatan penggunaan permainan Kuartet sebesar 89,28 % kriteria sangat praktis. Persentase hasil angket respon siswa antara 81,25%-96,88% dengan kriteria sangat layak untuk aspek ketertarikan siswa, penyajian permainan dan penyajian konsep. Hasil pretest memperoleh rata-rata 54,38 ketuntasan 12,50 %, untuk posttest mendapat rata-rata 74,69 ketuntasan memperoleh 75,00 % dengan kategori layak. Secara keseluruhan, media permainan kuartet memperoleh penilaian yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan yang berdasarkan hasil validasi, hasil angket respon siswa, pengamatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari soal-soal pretest posttest.

Kata Kunci: Media Permainan Kuartet, Klasifikasi Makhluk hidup.

Published
2016-08-10
How to Cite
astutik, widya. (2016). PENGEMBANGAN PERMAINAN KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16643
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 84