PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BOARD TRAIL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

  • Dzahratul Maqfiroh Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuanxuntuk menghasilkanxpermainan Board Trail pada materi sistem ekskresi manusia sebagaixmedia pembelajaran yang layak untuk digunakan. Kelayakan padaxpermainan Board Trail ditinjau dari tiga aspek yaitu validitas, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini termasuk penelitianxpengembangan Reserch And Development (R&D) yaitu penentuan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisixdesain dan uji coba produk. Uji coba terbatas dilakukan kepada 16 siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya denganxmenggunakan sistem one group pretest-posttest design instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa dan lembar tes hasil belajar (pretest-posttest). Berdasarkan data hasil penelitian, permainan Board Trail dinyatakan valid dengan validitas sebesar 93,94%. Permainan Board Trail dinyatakan sangat praktis dengan persentase hasil respon siswa sebesar 89,2%. Permainan Board Trail sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat efektif dengan persentase ketuntasanxklasikal hasil belajar siswa sebesar 87,5% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 100%. Dengan demikian permainan Board Trail layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: permainan Board Trail, media pembelajaran, kelayakan.
Published
2019-12-22
How to Cite
Maqfiroh, D., & Isnawati, I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BOARD TRAIL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32291
Section
Articles
Abstract View: 33
PDF Download: 33