KEEFEKTIFAN LKS BERSTRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Annie Azizah Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berstrategi PQ4R untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D namun tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 36 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 29 Surabaya. Keefektifan ditinjau berdasarkan peningkatan skor pemahaman konsep melalui pretest dan posttest. Pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yang terlihat dari perolehan rata-rata nilai pretest sebesar 43 dan posttest sebesar 86 serta peningkatan tiap aspek pemahaman mendapatkan rata-rata skor N-gain 0,77 dengan kategori tinggi. Dari 36 siswa, terdapat 31% siswa yang memperoleh skor N-gain kategori sedang dan 69% siswa termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berstrategi PQ4R efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan layak digunakan dalam  pembelajaran.

 

Kata Kunci: keefektifan, LKS berstrategi PQ4R, pemahaman konsep siswa.
Published
2020-03-31
How to Cite
Azizah, A., & Isnawati, I. (2020). KEEFEKTIFAN LKS BERSTRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33145
Section
Articles
Abstract Views: 49