VALIDITAS LKPD BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuki menghasilkan LKPD berbasis literasi sains pada materi systemi pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop,Disseminate), tetapi tahapan penyebaran tidak dilakukan. Validitas LKPD divalidasi oleh 2 dosen IPA dan 1 guru IPA. Hasil validasi dan uji coba diperoleh bahwa LKPD berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia dikatakan valid berdasarkan penilaian para ahli dengan persentase sebesar 89,1%. Hasil belajar dengan penggunaan LKPD berbasis literasi sains menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia sangat layak ditinjau dari aspek validitas.
Kata Kunci: literasi sains, validitas, LKPD.