IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP BANGKALAN DENGAN FOUR TIER TEST PADA MATERI IPA STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v13i1.64856Keywords:
miskonsepsi, pernapasan, peredaran darah, pencernaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat miskonsepsi yang dialami siswa di SMP Negeri Kamal pada materi sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini yang menjadi perhatian siswa yang pernah mempelajari bab struktur dan fungsi makhluk hidup pada kurikulum merdeka yang terdiri dari materi sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Namun, penelitian ini berfokus pada materi sistem pernapasan, sistem peredaran darah dan sistem pencernaan karena materi sistem ekskresi belum dipelajari oleh siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan survei, yaitu dengan memberikan instrumen soal tes four tier kepada siswa di kelas tempat penelitian. Dengan demikian diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai miskonsepsi yang terjadi, sehingga guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk memperbaiki pemahaman siswa pada konsep-konsep tersebut. Miskonsepsi terjadi karena siswa mengalami kesalahan dalam memahami konsep dasar pada materi sistem pernapasan, peredaran darah, dan pencernaan. Miskonsepsi yang paling dominan terjadi pada materi sistem pernapasan yakni sebesar 80% Miskonsepsi pada materi peredaran darah sebesar 75,2%. Miskonsepsi pada sistem pencernaan sebesar 65,2%. Miskonsepsi ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar dalam biologi masih sangat rendah dan memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasinya.
Downloads
References
Dewi, N. P., Martini., & Purnomo, A. R. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. 9(3), 422-428. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.
Fariyani, Q., Rusilowati A., & Sugianto. (2015). Pengembangan Four-tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Universitas Negeri Semarang. Journal of Innovative Science Education. 4 N. https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/9903/6350
Hasanah, K. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ). http://digilib.uinkhas.ac.id/5314/
Indrajatun, D. A. R., & Desstya, A. (2021). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Certainty Of Response Index Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 1(1), 1-9. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Izza, M., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2021). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tema 4 pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 660–664. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p660-664.
Mu’aziyah, S. E. S., & Isnawati, I. (2023). Curriculum change vs changes in the field: how contextual is learning in the merdeka curiculum?. Equator Science Journal, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.61142/esj.v1i2.34
Muawana, A., & Erman. (2023). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Smp. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. 11(1), 1–7.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Mulyaningsih, S., et al. (2024). Identifikasi Miskonsepsi yang Dialami Siswa pada Materi Sistem Reproduksi dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 69-78. https://journal.institutpendidikan.ac.id
Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index: Studi Eksplorasi Di Smp Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. 9(2), 220-226 . https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Syarafina, Mustofa, Z. & Prayitno, T.A. (2020). Penerapan Soal Four Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Aktivitas Jantung dan Pembuluh Darah. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio, 5(1), 6-13. https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/2406
Utamy, V. G., & Rosdiana, L. (2023). Analysis of Student's Misconception Profile on Human Respiratory System Material Using Four-Tier Diagnostic Test. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 4(2), 124-137. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta/article/view/6929/2802
Wahyuni, S. I. (2022). Identification of Misconceptions In Second Class (XI) MA PPKP Darul Ma’la Winong Pati Senior High School Students In Circulation System Materials Using Three Tier Diagnostic Instruments. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 8(3), 711–720. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i3.2919
Yufistina & Arifani. (2022). Hubungan Efikasi Diri dengan Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Sistem Pencernaan Pencernaan Kelas VIII (Skripsi Sarjana, Universitas Tidar). https://repositori.untidar.ac.id.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 83
,
PDF Downloads: 53














