IMPLEMENTASI HARGA JUAL GAS BUMI MELALUI PIPA PT PETROGAS JATIM UTAMA UNTUK KONSUMEN RUMAH TANGGA DI DESA NGINGAS KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

  • EKA MAI KRISTIAWATI

Abstract

Kemandirian daerah didalam penyiapan energinya sendiri diwujudkan oleh  Pemerintah dengan membuat kebijakan melalui program City Gas dengan memanfaatkan hasil ekploitasi gas Lapindo Berantas Inc agar dapat digunakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sendiri untuk memasak. Pada pelaksanaannya PT Petrogas Jatim Utama selaku operator dalam program City Gas ini mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan harga jual gas bumi yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa PT Petrogas Jatim Utama untuk Konsumen Rumah Tangga Pada Jaringan Pipa Distribusi Di Kelurahan Wedoro dan Di Kelurahan Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, serta memenuhi ketentuan mutu layanan untuk konsumen rumah tangga di Desa Ngingas. Dalam pelaksanaannya, ditemui masalah yakni warga merasa keberatan dengan adanya batas minimum penggunaan yang telah ditentukan, dengan harga Rp. 3.148,- warga mengeluhkan nyala api yang kecil, adanya pemutusan saluran jaringan gas karena tidak membayar tagihan akibat sosialisasi yang belum merata, serta belum optimalnya pembayaran secara online. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi harga jual gas bumi untuk konsumen rumah tangga melalui pipa PT Petrogas Jatim Utama untuk konsumen rumah tangga di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.  
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah Manager Operasional PT Petrogas Jatim Utama , Kepala Keuangan PT Petrogas Jatim Utama, Sekretaris Desa Ngingas serta beberapa responden masyarakat Desa Ngingas yang menjadi target group dalam pelaksanaan program City Gas dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan harga jual gas bumi melalui pipa PT Petrogas Jatim Utama di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, dapat dilihat dari 6 variabel model analisis Van Metter dan Carl Van Horn, meliputi 1) Ukuran dan tujuan kebijakan, dalam program ini yang menjadi tolok ukur program tersebut dapat dirasakan oleh seluruh warga dengan tujuan dapat mencapai kemandirian daerah dalam penyiapan energinya sendiri, 2) sumberdaya manusia sudah memenuhi baik dalam kualitas dan kuantitas. Pembiayaan program berasal dari APBN, warga mendapat pipa distribusi dan alat cek meter. Terkait dengan waktu Petrogas sudah menetapkan jadwal pembayaran dengan dua gelombang serta dengan didukung fasilitas yang baik, 3) Karakteristik agen pelaksana dalam hal ini masih belum optimal, mengingat tidak adanya pengawasan terkait dengan kegiatan penyambungan jaringan gas oleh warga sendiri, 4) Disposisi, terlihat adanya respon positif dari agen pelaksana, 5) Komunikasi, belum adanya sosialisasi yang merata untuk warga terkait dengan program ini, 6) Lingkungan ekonomi, sosial dan politik, bahwa dengan adanya abonemen yang ditetapkan warga merasa keberatan karena rata-rata mereka berpenghasilan rendah, dalam hal sosial pengetahuan warga terkait dengan inovasi pembayaran online masih rendah, dalam hal politik semua agen pelaksana mendukung adanya program tersebut.
Kesimpulannya, pelaksanaan kebijakan harga jual gas bumi melalui pipa PT Petrogas Jatim Utama untuk konsumen rumah tangga di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo sudah berjalan, tetapi terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Saran-saran yang dapat diperhatikan adalah 1) Perlu adanya sosialisasi yang lebih merata kepada konsumen khususnya warga Desa Ngingas terkait dengan informasi keterlambatan pembayaran tagihan setiap bulannya dan sanksi yang harus diterima serta lebih mengoptimalkan pembayaran secara online sehingga inovasi dalam rangka peningkatan mutu layanan dapat berhasil dan perlu adanya pengawasan oleh pelaksana dalam hal penyambungan pipa jaringan yang dilakukan sendiri oleh warga 2) Perlu adanya perbaikan jaringan gas dalam menjamin volume pasokan dan tekanan gas bumi dan pemeriksaan alat-alat jaringan gas. Hal ini terkait dengan nyala api yang kecil.
Kata Kunci : Implementasi, Harga Jual Gas Bumi.

Published
2015-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 116