IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR (Studi Pada Bina Lingkungan Bank Sampah Bintang Mangrove di Kelurahan Gunung Anyar Tambak Surabaya)
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan
sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar
dimana perusahaan itu berada. Berdasarkan hal tersebut menunjukan bahwa pentingnya sebuah lingkungan bagi
kelanjutan perusahaan di masa mendatang sebagai Manifestasi Budaya Perusahaan. Bentuk program Corporate
Social Responsibility (CSR) PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Timur di bidang Bina
Lingkungan adalah Bank Sampah Bintang Mangrove. Program bank sampah ini dilatarbelakangi oleh kondisi
tanaman mangrove yang setiap tahun dikelola oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) di Kelurahan Gunung
Anyar Tambak Surabaya sering mati akibat banyaknya lilitan sampah. Keberadaan sampah dalam jumlah yang
banyak jika tidak dikelola secara baik dan benar akan menimbulkan gangguan dan dampak terhadap lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Corporate Social Responsibility Bina
Lingkungan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian
ini terdiri dari Deputy Manager PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Timur dan warga
Kelurahan Gunung Anyar Tambak Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi,
observasi, wawancara serta triangulasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini bahwa PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Timur sudah berhasil
melaksanakan program CSR bina lingkungan berdasarkan model implementasi CSR Wibisono. Sumber daya
manusianya sudah cukup bagus meskipun tidak ada struktur khusus CSR. Koordinasi dan komunikasi dari instansi-instansi yang terlibat sudah terjalin dengan baik. Instansi yang terlibat dalam pelaksanaan program CSR bina
lingkungan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Timur adalah Dinas Kebersihan dan
Pertamanan (DKP) Kota Surabaya yang mempunyai karakteristik masing-masing. Dalam penelitian yang telah
dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa dalam pelaksanaannya, Bank Sampah Bintang Mangrove di Kelurahaan
Gunung Anyar Tambak Surabaya mengembangkan berbagai macam inovasi strategi pemberdayaan masyarakat,
seperti program simpan pinjam dengan sampah, program bayar listrik dengan sampah, program berobat dengan
sampah, program peduli lingkungan dengan sampah, program kerukunan antar warga dengan sampah, penyediaan
perpustakaan untuk nasabah dan pengunjung serta galeri sampah. Program-program inovatif tersebut diwujudkan
oleh Bank Sampah Bintang Mangrove dalam rangka untuk semakin memberdayakan masyarakat agar mau
mengelola sampah dengan lebih baik. Dalam hal ini program-program inovatif tersebut difungsikan sebagai stimulus
oleh Bank Sampah Bintang Mangrove agar dapat merangsang masyarakat untuk lebih peduli terhadap
lingkungannya.
Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah PT. PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Timur perlu
memonitoring setiap bulan datang langsung ke Bank Sampah Bintang Mangrove agar program ini tetap berjalan
sesuai tujuan, sedangkan pengurus Bank Sampah Bintang Mangrove perlu mengadakan sosialisasi setiap bulan ke
pada warga Kelurahan Gunung Anyar Tambak agar semangat warga tidak luntur dalam menjalankan program-progam Bank Sampah.
Kata Kunci: Implementasi, Corporate Social Responsibility (CSR), Bina Lingkungan
PDF Downloads: 532