KUALITAS PELAYANAN PADA PROGRAM POSYANDU LANJUT USIA  DI KELURAHAN LEDOK KULON BOJONEGORO

  • DESI PUJIANA

Abstract

Mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terpadat nomor empat di dunia, kesehatan merupakan hal yang penting diperhatikan oleh pemerintah terutama kesehatan pada lansia. Guna memenuhi kepuasan lansia terhadap pelayanan kesehatan, maka di bentuk program posyandu lansia pada setiap daerah di Indonesia, salah satunya adalah di Kelurahan Ledok Kulon Bojonegoro. Sebagai satu-satunya posyandu lansia yang memiliki gedung sendiri di Kabupaten Bojonegoro, kualitas pelayanan pada posyandu lansia ini harus memenuhi kepuasan para lansia yang ada. Kualitas pelayanan yang diberikan dapat diukur dengan lima dimensi SERVQUAL yang dikemukakan oleh Zeithaml yaitu dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiviness, dimensi assurance dan dimensi emphaty. Karena kualitas pelayanan merupakan hal yang penting, maka penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang ada di posyandu lansia Kelurahan Ledok Kulon Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan lokasi Kelurahan Ledok Kulon Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Seangkan untuk teknik analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh petugas posyandu lansia ledok kulon sudah cukup memuaskan, terdapat tiga dimensi yang belum terpenuhi indikator-indikator di dalamnya yaitu dimensi tangible, responsiviness dan assurance. Indikator-indikator tersebut terkait dengan kenyamanan tempat pelaksanaan kegiatan, respon terhadap obat yang dibutuhkan, serta tidak ada jaminan biaya dalam pelaksanaan kegiatan posyandu lansia. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu tempat yang digunakan untuk kegiatan harus nyaman dan sesuai untuk para lansia, petugas harus lebih tanggap dengan obat-obatan yang dibutuhkan oleh lansia serta harus ada jaminan yang pasti terkait biaya yang harus dikeluarkan oleh lansia untuk memperoleh pelayanan yang memuaskan.   
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Posyandu Lansia

Published
2015-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 146