PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGOBATAN GRATIS DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU SURABAYA

  • M FAJAR RIZKY

Abstract

Puskesmas Medokan Ayu Surabaya merupakan salah satu Puskesmas yang telah menjalankan program pengobatan gratis kepada masyarakat. Puskesmas tersebut memperoleh penghargaan sebagai Puskesmas dengan pelayanan terbaik se Jawa Timur pada tahun 2008. Namun predikat sebagai Puskesmas dengan pelayanan terbaik pada tahun 2008 tersebut belum dapat dijadikan sebagai tolak ukur kepuasan pasien pengobatan gratis di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap Kepuasan pasien pengobatan gratis di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya.

Metodologi penelitian menggunakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Analisis Regresi berganda yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari Tangible (X1), Emphaty (X2), Reliability (X3), Responsiveness (X4) dan Assurance (X5) terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pasien pengobatan gratis di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya (Y). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi target adalah para pasien pengobatan gratis di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Kemudian Sampel yang digunakan diambil dengan menggunakan rumus pendekatan Slovin, dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan cara Sampling Incidental.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien pengobatan gratis di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya, karena dari hasil Uji F diperoleh Nilai Fhitung sebesar 52,314 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi α = 5% (dk1 = 5, dk2 = 90-5-1 = 84) adalah sebesar 2,31 maka didapat “F hitung > F tabel” sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian dari hasil uji T parsial didapat bahwa kelima variabel bebas, yaitu Tangible (X1), Emphaty (X2), Reliability (X3), Responsiveness (X4) dan Assurance (X5) memiliki pengaruh yang signifikan secara terpisah terhadap kepuasan pasien pengobatan gratis. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikan masing-masing variabel bebas yang kurang dari 0,05 (Sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima)

Kata kunci : kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien

Published
2014-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 53