PROSEDUR PENGELOLAAN PASAR DAERAH KI LEMAH DUWOR KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

  • DENY SAFALAT AKBAR

Abstract

Pasar merupakan suatu tempat terjadinya transaksi jual beli barang dan jasa antara penjual dan pembeli.Pasar juga merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang berada dikalangan kelas bawah ataupun masyarakat yang berada dikalangan kelas atas.Pasar Ki Lemah Duwor merupakan salah satu sumber pendapatan utama pemerintah Kecamatan Bangkalan.Hal ini dikarenakan pasar tersebut menjadi pusat perdagangan agro yang berskala besar di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Prosedur Pengelolaan Pasar Daerah Ki Lemah Duwor Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan.

Fokus penelitian ini adalah penerapan Pengelolaan Pasar Daerah Ki Lemah Duwor Bangkalan berdasarkan PERDA No.02 Tahun 2011tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknisi Daerah, yaitu Pemungutan Pengelolaan Pasar Daerah dan Program Pengelolaan Pasar Daerah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kecamatan Bangkalan, staf dan pedagang.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian inibahwa kemampuan inovasi dalam pengelolaan pasar daerah Ki Lemah Duwor Bangkalan masih rendah, namun dalam struktur organisasi pengelolaan pasar Bangkalan dan tugas pokok pengelolaan pasar Bangkalan sudah cukup baik, karena para petugas sudah melakukan tugasnya sesuai dengan prosedur pengelolaan pasar daerah Ki Lemah Duwor Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Beberapa hal yang dapat disarankan adalah diharapkan adanya evaluasi setelah pelaksanaan pengelolaan pasar dan diharapkan adanya jumlah aparatur yang memadai dengan kompetensi yang baik dalam pengelolaan pasar daerah.       

Kata Kunci : Pengelolaan, Pasar

Published
2014-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 131