STRATEGI PENINGKATAN MUTU PRODUK DIVISI KAPAL NIAGA DI PT PAL INDONESIA(PERSERO)

  • ESTI PERWITASARI

Abstract

PT PAL Indonesia (Persero) adalah salah satu industry dan manufaktur milik negara yang bergerak di bidangmaritim. Kegiatan dan usaha PT PAL adalah memproduksi kapal, perbaikan dan pemeliharaan kapal serta rekayasaumum (offshore construction). Dalam menghadapi persaingan bisnis di industri maritim PT PAL melakukan strategipeningkatan mutu produk pada tingkatan bisnis yang ditekankan pada Divisi Kapal Niaga yang memproduksi kapalniaga dan offshore construction.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan mutu produk Divisi Kapal Niaga di PTPAL Indonesia (Persero). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiandi Divisi Kapal Niaga PT PAL yang beralamat di Jl. Ujung Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah informandan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan triangulasi. Adapun narasumber penelitian ini terdiri dari KepalaDepartemen PPC, Kepala Departemen Konstruksi Lambung, Kepala Departemen Erektion, Kepala DepartemenHO&MO, Kepala Departemen Support, Kepala Bengkel, Pimpro. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknikinteractive model.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu produk adalah strategi PT PAL di tingkatbisnis yang ditekankan pada Divisi Kapal Niaga. Strategi bisnis PT PAL dengan strategi peningkatan mutu produkmenurut teori Griffin terdiri dari strategi pemosisian dan strategi penyesuaian. Strategi pemosisian terdiri darikeunggulan biaya yang berkaitan dengan penawaran harga produk yang lebih murah pada pelanggan, differensiasi yangberkaitan dengan kualitas/mutu produk kapal niaga, dan focus berkaitan dengan perhatian PT PAL yang hanya padaproduksi produk kapal. Strategi penyesuaian terdiri dari defenders terkait dengan peningkatan pelayanan kepadapelanggan, prospectors berkaitan dengan pengembangan usaha pada produksi kapal niaga, analyzers hanya padaperkembangan produksi divisi kapal niaga, reactors berhubungan dengan produksi produk rekayasa umum. PT PALmelakukan strategi bisnis ini agar dapat bertahan dan mencapai kesuksesan dalam persaingan di industry maritimmelalui produk Divisi Kania sehingga mampu memberikan keuntungan bagi negara sesuai perannya sebagai BUMNprofitable. Seharusnya, strategi bisnis ini tidak hanya difokuskan pada produk Divisi Kania saja namun juga padaproduk Divisi Kaprang (kapal perang).Kata kunci: strategi, mutu produk

Published
2014-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 908