PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH OLEH KLINIK KOPERASI DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PROVINSI JAWA TIMUR

  • PUTRI PURWITASARI

Abstract

Usaha  kecil  menengah  memiliki  peran  yang  sangat  strategis  dalam  meningkatkan  pendapatan  daerah,
memperluas  lapangan  kerja,  mengurangi  pengangguran  dan  kemiskinan.  Untuk  meningkatkan  peran
tersebut  Dinas  Koperasi  dan  UMKM  Jawa  Timur  membentuk  Klinik  Koperasi  dan  UMKM  yang
memiliki  10  jenis  layanan  yang  saling  berkaitan  antara  yang  satu  dengan  lainnya  sehingga  membentuk
sebuah  pemberdayaan  bagi  UKM.  Tujuan  disusunnya  skripsi  ini  untuk  mendeskripsikan  Pemberdayaan
Usaha Kecil Menengah oleh Klinik Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur.  
Jenis  penelitian  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif,  sedangkan  metode  yang  digunakan  adalah
kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini yaitu manajer, konsultan dan UKM. Teknik pengumpulan data
dilakukan  melalui  wawancara,  dokumentasi,  observasi  dan  triangulasi.  Teknik  analisis  data  dengan
mengumpulkan, mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil  penelitian  menunjukkan  pemberdayaan  UKM  yang  dilakukan  oleh  Klinik  Koperasi  dan  UMKM
Jawa  Timur  cocok  dianalisis  menggunakan  teori  Suharto:  Pemungkinan  yang  memuat  layanan  akses
pembiayaan,layanan konsultasi bisnis, layanan informasi bisnis, layanan akses pemasaran,  mobile klinik,
dan TV UKM online; penguatan yang memuat layanan shortcourse, layanan informasi bisnis dan layanan
pusat pustaka entrepreneur; perlindungan  yang  memuat layanan  konsultasi bisnis dan layanan advokasi;
penyokongan yang memuat layanan konsultasi bisnis, layanan informasi bisnis, layanan  shortcourse dan
layanan IT entrepreneur; pemeliharaan memuat layanan advokasi dan layanan  konsultasi bisnis. Masing-masing  pendekatan  pemberdayaan  UKM  yang  dilakukan  oleh  Klinik  Koperasi  dan  UMKM  Jawa  Timur
sudah dapat dikatakan cukup baik.
Saran  yang  diberikan  oleh  peneliti  antara  lain  dalam  layanan  akses  pemasaran,  perlu  adanya  sosialisasi
sebagai  pengenalan  gedung  galeri  produk-produk  unggulan  dari  Jawa  Timur,  memperbarui  buku-buku
yang  terdapat  di  layanan  pusat  pustaka  entrepreneur  secara  rutin,  pengembangan  Klinik  Koperasi  dan
UMKM  melalui  media  sosial  untuk  memudahkan  masyarakat  yang  ingin  mengikuti  kegiatan  Klinik
Koperasi dan UMKM Jawa Timur.
Kata Kunci: Pemberdayaan, UKM, Klinik Koperasi dan UMKM Jawa Timur

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 59