ANALISIS MANFAAT-BIAYA PEMBANGUNAN JALAN AKSES DAN JEMBATAN MASTRIP-JAMBANGAN

  • IRWAN FACHRI MUANNAS

Abstract

Pembangunan jalan akses dan jembatan Mastrip-Jambangan merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan perekonomian kawasan Surabaya Selatan. Pembangunan jalan akses dan jembatan Mastrip-Jambangan dimaksudkan juga sebagai sarana transportasi yang berfungsi untuk mengurangi kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat (benefit) dan biaya (cost), serta mengetahui kelayakan rencana pembangunan jalan akses dan jembatan Mastrip-Jambangan dengan menggunakan metode Benefit Cost Ratio (BCR).

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang lokasi penelitian, sedangkan teknik wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang rencana pembangunan jalan akses dan jembatan Mastrip-Jambangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penghematan nilai biaya operasional kendaraan setelah ada jembatan pada tahun 2017-2037 sebesar Rp. 20.460.522.549,53 dan penghematan nilai waktu setelah ada jembatan pada tahun 2017-2037 sebesar Rp. 12.170.855.338,58. Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk pelaksanaan terdiri dari biaya konstruksi (RAB) sebesar Rp. 24.894.780.000,00; biaya operasional dan pemeliharaan sebesar Rp. 2.168.064.351,28; serta biaya tak terduga sebesar Rp. 2.489.478.000,00. Dan nilai Benefit Cost Ratio BCR adalah 1,11 dengan suku bunga acuan 4,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembangunan jalan akses dan jembatan Mastrip-Jambangan layak untuk dilaksanakan.

Kata Kunci: Benefit Cost Ratio, manfaat, biaya, nilai waktu, biaya operasional kendaraan

Abstract

Construction of access roads and bridges Mastrip-Jambangan is one way to grow the economy in South Surabaya area. Construction of access roads and bridges Mastrip-Jambangan also intended as a means of transport which serve to reduce congestion. The purpose of this study was to identify the benefits and cost, and determine the feasibility of the development plan of access roads and bridges Mastrip-Jambangan using Benefit Cost Ratio (BCR).

The method used in this research is quantitative method. It is was collected by observation, documentation, and interviews. Observation and documentation techniques used to collect them on the study site, while the interviewing techniques used to collect these on the development plan of access roads and bridges Mastrip-Jambangan.

The results showed that the value obtained savings vehicle operating costs after construction the bridge for the years 2017-2037 amounted to Rp. 20.460.522.549,53 and saving the time value after construction the bridge in 2017-2037 amounted to Rp. 12.170.855.338,58. While the costs to be incurred for the implementation consists of the construction costs (budget plan) of Rp. 24.894.780.000,00; operating and maintenance costs Rp. 2.168.064.351,28; as well as unexpected costs Rp. 2.489.478.000,00. And the value of Benefit Cost Ratio is 1.11 and bank interest rate 4.75%. It can be concluded that the construction of access roads and bridges Mastrip-Jambangan feasible.

Keywords: Benefit Cost Ratio, benefits, costs, value of time, vehicle operating costs

Published
2017-07-12
Abstract Views: 462
PDF Downloads: 341