ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 PADA BETON PRECAST DI PT. WASKITA PRECAST PLANT SIDOARJO

  • Linda Heni Dwi Pratiwi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan manajemen mutu, manfaat penerapan manajemen mutu, dan faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan manajemen mutu ISO 9001:2008 di PT. Waskita Precast Plant Sidoarjo.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Metode observasi digunakan untuk mencatat penerapan standar mutu manajemendan mengecek antara manual book (rencana mutu, prosedur mutu, instruksi kerja, catatan mutu) yang didapat dengan elemen ISO 9001:2008 sebagai acuan.

Hasil dari analisis yang dilakukan dengan menggunakan penerapan ISO 9001:2008 mendapatkan skor  sebesar 3 untuk ruang lingkup, 5skor untuk acuan normatif, 4 skor untuk istilah dan definisi, 3 skor untuk sistem manajemne mutu, 4 skor untuk tanggung jawab manajemen,  4 skor untuk pengelolaan sumber daya, 4 skor untuk realisasi produk, 5 skor untuk pengukuran, analisis dan perbaikan. Manfaat penerapan manajemen mutu ISO 9001:2008 bagi perusahaan diantaranya mendapatkan tingkat kepuasan pelanggan yang baik, membantu meningkatkan kualitas barang, meningkatkan mutu dan produktivitas produk, metode kerja lebih efektif dan efisien, meminimalisir terjadinya kegagalan produk, evaluasi terhadap produk menjadi terorganisir dan mendapatkan proyek dengan mudah. Faktor kendala untuk penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yaitu Kurangnya komitmen dari top manajemen, kurangnya sosialisasi dan komunikasi dengan manajemen puncak, kurangnya keterlibatan dari karyawan.

Kata Kunci: ISO 9001:2008, Mutu dan Produk          

Abstract

The purpose of this study is to know the implementation of quality management, the benefits of implementation of quality management, and the factors that become obstacles implementation of ISO 9001: 2008 quality management at PT. Waskita Precast Plant Sidoarjo.

The type of research used is descriptive research. Data were collected by observation, interview and documentation. Observational methods are used to record the application of quality management standards and check between manual book (quality plan, quality procedures, work instructions, quality records) obtained with ISO 9001: 2008 elements as a reference.

The results of the analysis using the application of ISO 9001: 2008 received a score of 3 for the scope, 5 scores for normative references, 4 scores for terms and definitions, 3 scores for quality management systems, 4 scores for management responsibility, 4 scores for resource management, 4 scores for product realization, 5 scores for measurement, analysis and improvement. The benefits of implementing ISO 9001: 2008 quality management for the company include getting good customer satisfaction level, helping to improve the quality of goods, improving product quality and productivity, working methods more effectively and efficiently, minimizing the failure of the product, the evaluation of the product becomes organized and get the project with easy. The constraint factor for the implementation of ISO 9001: 2008 quality management system is the ack of commitment from top manajemen, the lack of socialization and communication with top management, the ack of involvemene from employees.

Keywords: ISO 9001: 2008, Quality and Products.

Published
2017-08-23
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 195