Perencanaan Ulang Struktur Atas Jembatan Menggunakan Prestressed Concrete-U Girder
DOI:
https://doi.org/10.26740/rekats.v13n02.p254-264Kata Kunci:
Defleksi Girder, Gaya Prategang, Kehilangan Gaya Prategang, Kontrol Tegangan, PCU Girder, Struktur Atas JembatanAbstrak
Jembatan adalah struktur bangunan yang menghubungkan rute atau lintasan transportasi yang terpisah oleh berbagai rintangan, termasuk sungai, jalan raya, jalan kereta api, dan perlintasan lainnya. Secara umum jembatan memiliki dua bagian struktur yaitu struktur atas dan struktur bawah. Penelitian ini akan merencanakan struktur atas jembatan dengan mengubah jenis girder yang semula menggunakan PCI Girder menjadi PCU Girder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif pemilihan tipe girder dengan variasi girder jenis PCU Girder dan juga untuk mengetahui kinerja struktur jembatan dengan menggunakan PCU Girder. Penelitian ini meliputi analisis penampang pada PCU girder, perhitungan pembebanan pada jembatan, penentuan jumlah dan tata letak tendon, perhitungan kehilangan gaya prategang, kontrol tegangan dan defleksi yang terjadi pada penampang, dan juga perhitungan penulangan non prategang. Hasil dari penelitian ini adalah digunakan girder dengan jenis Prestressed Concrete-U dengan tinggi 1,4 m dengan jumlah tendon yang terpasang pada 1 girder adalah 6 buah dan 13 strand pada masing-masing tendon, nilai gaya prategang jacking yang digunakan sebesar 10739,547 kN, dan gaya prategang efektifnya sebesar 9547,315 kN, kemudian tulangan non prategang digunakan 42D13 untuk tulangan lentur dan D13-150 mm untuk tulangan geser. Sehingga penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa girder jenis PCU Girder aman untuk menahan seluruh beban yang bekerja pada jembatan dan dapat dipilih sebagai salah satu alternatif pemilihan tipe girder.
Unduhan
Referensi
Ahmadi. (2019). Gambar Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3.
Apriyanto, D., & Siswoyo, S. (2021). Perencanaan Girder Jembatan Beton Prategang Jl. Raya Sememi Benowo Surabaya Section 0 - 152. Axial : Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Konstruksi, 9(1).
Atik, M. I. P., & Julistyana Tistogondo, W. (2021). Fakultas teknik universitas wiraraja sumenep - madura. Jurnal “MITSU” Media Informasi Teknik Sipil, 9(1).
Badan Standarisasi Nasional. (2016). SNI 1725:2016 Pembebanan untuk jembatan. BSN.
Budiono, B. (2019). Perancangan Beton Prategang. ITB Press.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2016). SNI 1725-2016. Badan Standarisasi Nasional.
McCormac, B. (2017). Desain Beton Bertulang. Penerbit Erlangga.
Muhnita, R., Yh, S., & Aiyub, A. (2018). Perencanaan Gelagar Beton Prategang pada Jembatan Kereta Api Pante Gurah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireun. Jurnal Sipil Sains Terapan, 01.
Nurhidayatullah, E. F., & Kurniyawan, T. (2023). Analisis Perbandingan Struktur Jembatan Tipe I Girder Dengan U-Girder Beton Prategang Studi Kasus : Jembatan Mojorejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil (Renovasi), 8(1).
PT Wijaya Karya Beton Tbk. (2017). Bridge Product Information. https://www.wika-beton.co.id/uploads/5-BRIDGE.pdf
Rangan, P. R. (2019). Perencanaan Jembatan Sungai Mappajang Dengan Jembatan Beton Prategang. Journal Dynamic Saint, 4(1).
Ridha, R., Syarwan, & Supardin. (2020). Jurnal sipil sains terapan 1. Jurnal Sipil Sains Terapan, 03(2).
Trisno, T. B. H., & Risdianto, Y. (2019). Perbandingan Penggunaan Gelagar Pratekan Jembatan Dengan Menggunakan Beton Pracetak Bentuk I dan U (Studi Kasus pada Pembangunan Jembatan Saekan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto). Rekats: Jurnal Rekayasa Teknik Sipil, 7(1).
Vianto Mahendra Nata, E., Komara, I., Susanti, E., & Pertiwi, D. (2022). Redesain Struktur Beton Prategang Menggunakan Metode Post Tension: Studi Kasus Pembangunan Mall Laves Surabaya (Redesign of Prestressed Concrete Structures Using the Post Tension Method: A Case Study of the Construction of Laves Mall Surabaya). Reka Buana, 7(1).
VSL (Voorspann System Losinger). (2019). Vsl Strand Post-Tensioning Systems. https://vsl.com/download.php?brochure_cat=posttensioning-strand-systems&getfile=vsl-post-tensioningsolutions.pdf
Yamin, I., Zuraida, S., & Ilham, I. (2020). Analisis Perbandingan Kehilangan Prategang Akibat Variasi Letak Tendon PC I Girder Jembatan Beton Prategang. Journal of Applied Science (Japps), 2(2).
YAYI, A. S. (2023). Studi Perancangan Jembatan Samota Sumbawa Besar Menggunakan Beton Prategang Tipe U-Girder. 3(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

