Perencanaan Ulang Struktur Atas Jembatan Beton Prategang Post-Tensioned

Penulis

  • Amara Husnul Khofifah Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sabariman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/rekats.v13n02.p275-287

Kata Kunci:

Perencanaan, Jembatan, Beton Prategang, Pascatarik, PCI Girder

Abstrak

Pembangunan jembatan adalah salah satu infrastruktur yang gencar dibangun untuk kebutuhan transportasi jalan bebas hambatan. Dalam penelitian ini, dilakukan perencanaan ulang beton prategang menggunakan PCI girder pascatarik pada struktur atas jembatan dengan mengubah bentang dari 45,8 m menjadi 50 m. Jembatan tersebut dibangun untuk mendukung fasilitas produksi nikel. Produk PCI girder yang digunakan mengacu pada produksi WIKA Beton yakni H-210 cm dengan mutu beton 70 MPa. Kemudian, hasil dari penelitian ini didapatkan nilai gaya prategang sebesar 19.434,34 kN dan gaya prategang efektif sebesar 14.413,13 kN. Selain itu, total kehilangan prategang didapatkan sebesar 19,88%. Penerapan tendon prategang yang terpasang pada tiap gelagar adalah 5 buah tendon dan 27 strand tiap tendon yang berbentuk parabolik. Pemodelan jembatan  menggunakan software SAP2000 untuk mendapatkan gaya dalam dan lendutan jembatan. Data pembebanan jembatan berupa data kendaraan yang digunakan pada kondisi eksisting jembatan yaitu truk 50 ton dan 60 ton. Desain PCI girder pada jembatan ini menggunakan pedoman dari Prestressed Concrete Institute, AASHTO LRFD 2012, SNI 1725:2016 sebagai pedoman pembebanan jembatan dan beberapa sumber pustaka lainnya sebagai bahan referensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Jauhari, Z., Pertiwi, M., Studi, P., Teknik, D.-I., Jalan, P., & Jembatan, D. (2021). Desain PCI-Girder Untuk Bentang 42 m Berdasarkan Pembebanan SNI 1725:2016 (Studi Kasus : Jalan Soebrantas, Desa Sei. Injab). Seminar Nasional Industri Dan Teknologi (SNIT), 47–53.

Alatas, I. M., & Nugroho, M. A. (2024). Desain Ulang Struktur Overpass dengan Modifikasi Lebar Jembatan, MAterial Struktur, dan Konfigurasi Girder (Studi Kasusu Ruas Jalan Tol Rengat-Pekanbaru). C-Line: Jurnal Teknik Sipil, XIII(2), 60–76.

Azzahra, D. P., Rahman, A., & Arystianto, D. P. (2024). Perencanaan Ulang Struktur Atas Jembatan Prategang Puluhan pada Ruas Jalan Tol Solo-Klaten. JOS-MRK, 5(3), 337–344. http://jurnal.polinema.ac.id/

Benaya, A. H., & Indianto, A. (2022). Evaluasi Kapasitas Kepala Jembatan Akibat Perubahan Bentang Struktur Atas. Jurnal Media Komunikasi Dunia Ilmu Sipil (MoDuluS), 4(1), 25–34.

Devit, K., & Pribadi, J. A. (2023). Politeknik Negeri Bengkalis. Seminar Nasional Industri Dan Teknologi (SNIT), 433–453.

Hari, G. (2016). Tinjauan Perencanaan Gelagar Beton Prategang pada Jembatan Bakongan Kecamatan Permata Kabupaten Benar Meriah. Jurnal Teknik Sipil PORTAL, 8(2), 36–43.

Harmono, D., Irawan, R., & Sutrisno, W. (2017). Analisis Gelagar Prestress pada Perencanaan Jembatan Akses Pulau Balang I Menggunakan Software SAP2000 v.14. RENOVASI: Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 2(2), 50–61.

Ikhsan, A., Pribadi, J. A., & Puluhulawa, I. (2019). Desain Jembatan Suangai Meskom Menggunakan Girder Prategang. Jurnal Teknik Sipil Dan Aplikasi (Tekla, 1(1), 38–45.

Junaidi, & Pribadi, J. A. (2023). Desain Jembatan Sungai Mengkopot dengan Menggunakan PCI Girder Prategang. Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil Dan Aplikasi (TEKLA), 5(2), 73–83.

Lin, T. Y., & Burns, N. H. (1982). Desain Struktur Beton Prategang (Edisi Ketiga). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mauliza, A., Syukri, & Musbar. (2023). Perencanaan Gelagar Beton Prategang Jembatan Tanjong Baroh Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Sipil Sains Terapan, 06(02), 10–16.

Nasution, A. E., Suwarjo, & Indriyani, T. (2020). Perencanaan Gelagar Penampang I Jembatan Beton Prategang Bentang 30 Meter. JURNAL KOMPOSITS, 1(2), 103–117.

Provanda, A. S. G., Rasidi, N., & Wahidin. (2024). Perencanaan Struktur Jembatan Prategang Profil I Girdwe pada Jembatan Lembah Dieng Kota Malang. JOS-MRK, 5(3), 110–117. http://jurnal.polinema.ac.id/

Rachmania, R. (2017). Perencanaan Struktur Atas Jembatan Trough Pratt Truss Tiga Tumpuan. REKATS: Rekayasa Teknik Sipil, 3(03), 155–167.

Rahmawati, C., Zainuddin, Safwanda, N., & Is, S. (2013). Analysing the Route of PCI Girder-Type Prestressed Concrete Tendons. International Journal of Science and Research, 5(4), 1553–1559. www.ijsr.net

Simamora, E. L., Suhendra, S., & Dwiretnani, A. (2021). Kajian Jembatan Beton Prategang di Muara Klukup Bentang 32 Meter. Jurnal Talenta Sipil, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.33087/talentasipil.v4i2.56

Wahyuddin, M. T., Bayzoni, & Siregar, A. M. (2020). Analisis Struktur Atas Jembatan Kereta Api Jalur Tunggal PC I Girder Bentang 35 Meter Way Pengubuan. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 8(3), 587–598.

Diterbitkan

2025-07-07

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0