AN ANALYSIS ON STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 TUMPANG MALANG

  • SANDHI ARMY YUDHA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini meneliti komposisi penulisan deskriptif yang telah dilakukan oleh siswa kelas sebelas di SMAN 1 Tumpang malang. Peneliiti menganalisis kesalahan dalam teks deskriptif siswa berdasarkan tata bahasa dalam deskriptip siswa berdasarkan pada fitur linguistik dan menggunakan teori Linguistik dari Brown dan Bailey Analitikal Skor. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa tulisan deskriptif di SMAN 1 Tumpang Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa dari SMAN 1 Tumpang Malang yang telah dipilih secara acak oleh peneliti untuk mengklasifikasikannya menjadi 3 tingkatan, baik, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah tulisan siswa mengenai deskriptif text itu sendiri. Dari hasil penelitian tersebut, para siswa dapat mengembangkan ide-ide mereka tetapi masih memiliki masalah dalam tata bahasa dalam menulis teks deskriptif. Hal ini dapat dibuktikan dari tulisan siswa dalam jangka waktu masing-masing komponen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa mendapat tingkat yang sangat baik dalam mengembangkan ide-ide, lima siswa berada di tingkat yang baik, dan empat siswa di tingkat rendah. Dalam kategori organisasi, peneliti menemukan satu siswa berada di tingkat yang sangat baik, enam siswa di tingkat yang baik, dan siswa sisanya berada di tingkat yang rendah. , dalam hal tata bahasa, tidak ada siswa masuk baik, satu siswa berada di tingkat yang baik dan sisanya berada di tingkat rendah

 

Kata Kunci: penulisan, Teks deskripptif, analisis kesalahan

Abstract

This research investigated on the descriptive writing composition which has been made by the eleventh graders at SMAN 1 Tumpang Malang. The researcher analyzed grammatical errors in students’ descriptive text based on the linguistic features and used the theory of Linguistic Category from Brown and Bailey Analytical Scores. The aim of this research is to analyze the students’ descriptive text at SMAN 1 Tumpang Malang. This research used descriptive qualitative method. The subjects were 9 students of XI SMAN 1 Tumpang which had been chose randomly by the researcher to classify into 3 levels, excellent, good, and poor. The instrument in this research was students’ work.From the result of the research, the students are able to develop their ideas but still have problems in grammar in writing descriptive text. It can be proved from the students’ writing in the term of each component.The result of the research shows that there were none of the students got excellent level in developing ideas, five students were in good level, and four students were in poor level. In the term of organization, the researcher found one student was in excellent level, six students were in good level, and the rest students were in poor level. Thus, in term of grammar, none of the students got in excellent, one student was in good level and the rest were in poor level.

Key words: writing, descriptive text, error analysis.

Published
2015-01-26
How to Cite
ARMY YUDHA, S. (2015). AN ANALYSIS ON STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 TUMPANG MALANG. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/10575
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 314