A Study of Teachers’ Opinion on English Textbook “When English Rings the Bell” for Seventh Graders in SMPN 1 Kota Mojokerto

  • TANTRI YURISTA SARI

Abstract

Abstrak

Salah satu peralatan belajar mengajar adalah buku teks. Sedangkan buku teks sendiri sangat sangat membantu  tugas guru dalam membuat RPP, memberikan inspirasi dalam membuat soal latihan dengan aktivitas yang selaras dengan kurikulum yang digunakan di sekolah. Di samping itu, buku teks juga digunakan oleh siswa untuk mempelajari dan juga pempraktekkan pengetahuan yang telah diberikan oleh guru pada saat pelajaran di sekolah.

Pemerintah secara khusus telah membuat satu buku teks untuk masing masing mata pelajaran, untuk mengatasi permasalahan ekonomi dalam membeli buku teks yang dihadapi oleh orang tua di Indonesia. Bagaimanapun penggunaan buku teks harus memenuhi kriteria sebagai buku yang baik. Sehingga pendapat guru dapat dipertimbangakan sebagai saran untuk analisis buku teks. Penelitian ini fokus kepada pendapat guru mengenai buku teks “When English Rings the Bell”.

SMPN 1 Kota Mojokerto adalah salah satu sekolah yang kini menggunakan kurikulum 2013 dan juga buku teks “When English Rings the Bell”.

Dari penelitian didapat beberapa informasi mengenai buku teks seperti, pertama guru SMPN 1 Kota Mojokerto mempunyai pendapat bahwa buku teks “When English Rings the Bell” adalah buku yang baik bedasarkan literature study. Kedua, semua responden mempunyai argument yang hampir sama mengenai buku, contohnya guru harus bisa mempersiapkan sendiri  banyak hal yang berhubungan dengan kebutuhan mengajar  yang tidak dapat ditemukan di dalam buku. Disamping itu, saran untuk pembuat buku dalam pengembangan buku teks untuk kelas tujuh SMP, mempertimbangkan mengenai pendapat guru karena saran yang positif dapan membangun masa depan yang lebih baik.

Kata Kunci: Buku Teks, Pendapat, Guru, Kurikulum

 

 

Abstract

One of important teaching and learning equipment is textbook. A textbook created to help both teachers and student in teaching learning process. Textbook is helpful tools for teachers to make lesson plan, giving inspiration to make exercises with activities which is in line with curriculum used in school. In English education for seventh graders is textbook titled “When English Rings the Bell”. However the use of textbook must fill some criteria of a good textbook. This study focuses on teachers’ opinion about the textbook “When English Rings the Bell”.

SMPN 1 Kota Mojokerto is one of school who is currently use 2013 Curriculum and the textbook in Kota Mojokerto. Researcher collected some ideas and also suggestion for teacher about the textbook “When English Rings the Bell” as the result.

From the research some information about the textbook such as first the teachers in SMPN 1 Kota Mojokerto have opinion that textbook “When English Rings the Bell” is a good book based on literature study. The textbook has good visualization.

Furthermore, suggestion to the book creator in case of developing textbook for seventh graders and consider about teacher’s opinions because positive suggestion can make better future.

Keyword: Textbook, Opinion, Teacher, Curriculum

Published
2015-06-03
How to Cite
YURISTA SARI, T. (2015). A Study of Teachers’ Opinion on English Textbook “When English Rings the Bell” for Seventh Graders in SMPN 1 Kota Mojokerto. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/11844
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 22