THE EFFECTIVENESS OF USING ELABORATION DICTOGLOS TECHNIQUE TO TEACH LISTENING DECRIPTIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADERS

  • DEWI SARTIKA MARBUN

Abstract

Abstrak

Mendengarkan merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan untuk mendukung pertukaran informasi dari satu orang ke orang lain. Menurut Field (2009), ketika seorang pembicara menyebarkan informasi, si pendengar harus memproses tujuan pembicaraan karena si pembicara tidak bisa memasukkan informasi tersebut ke dalam pikiran si pendengar secara langsung. Dengan demikian, setiap orang harus meningkatkan kemampuan mendengarkan melalui serangkaian latihan. Berdasarkan kejadian yang ditemui di lapangan, ketika para siswa belajar bahasa inggris terutama saat sesi mendengarkan, mereka merasa  gugup karena mereka tidak terlalu mengerti dengan bahasa inggris lisan yang berkecepatan sedang. Berdasarkan kasus tersebut, mencari teknik yang sesuai dengan kemampuan siswa merupakan tindakan yang tepat. Dengan menggunakan metode satu grup experimental dengan pre-test dan post-test yang termasuk ke dalam penelitian kuantitatif experimental semu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keefektifan dari penggunaan teknik dictogloss elaborasi dalam mengajar mendengarkan teks deskripsi pada kelas delapan di SMP Angelus Custos II. Hasil penelitian diperoleh dari perbandingan hasil antara pre-test dan post-test dari satu grup dengan menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil siswa dari grup sampel, nilai post-test lebih tinggi dari nilai pre-test dengan nilai-t = -4,95 dan nilai-p = 0,000 (df= 26; MD= -8,25), eta squared = 0.48. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik dictogloss elaborasi secara significant dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa khususnya untuk mendengarkan teks deskriptif

Kata kunci: mendengarkan, elaboration dictogloss teknik, kelas delapan

 

Abstract

Listening is one of communication devices which supports the transferring information from one’s to another. According to Field (2009) that whiles speaker shares information, the listeners must process the speaker’s intention in mind because the speaker cannot put the information directly into the listener’s mind. That is why; everyone needs to improve their listening ability by doing some practices. From the research place, when the students learn English especially listening, they feel anxiety because they are not familiar with the spoken text in average speed. Based on the case, seeking for the appropriate technique is a must to do. By using one group pre-test and post test experimental design which belongs to quasi-experimental quantitative research, this research aims to explore the effectiveness of using elaboration dictogloss technique to teach listening in listening descriptive text at the eighth graders of SMPK Angelus Custos II. The result was taken from the comparison between pre-test and post-test result from one group by using paired sample t-test. Based on the students’ result from group sample, the scores from post-test is higher than the scores from the pre-test with the t-value of -4.95 and the p-value of 0.000 (df= 26; MD= -8.25), the eta squared of 0.48. The result shows that using elaboration dictogloss technique is effective to improve the students’ listening ability especially for listening descriptive text.

Keywords: listening, elaboration dictogloss technique, descriptive text, eighth graders

 

 

 

Published
2015-06-04
How to Cite
SARTIKA MARBUN, D. (2015). THE EFFECTIVENESS OF USING ELABORATION DICTOGLOS TECHNIQUE TO TEACH LISTENING DECRIPTIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADERS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/11876
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 18